Share

Tjahjo Kumolo Wafat, Megawati Bersedih Kehilangan Adik yang Sudah Berjuang Bersama

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Jum'at 01 Juli 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2621957 tjahjo-kumolo-wafat-megawati-bersedih-kehilangan-adik-yang-sudah-berjuang-bersama-kD2FbnO6vZ.jpg Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Ketua DPR RI sekaligus DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menyebut Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri sangat bersedih atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo. Sebab, Tjahjo salah satu kader terbaik PDIP dan sempat menjadi Sekjen PDIP mendampingi Megawati.

"Ibu Mega menyampaikan hal yang sama turut berduka cita, beliau sangat bersedih hati karena kehilangan salah satu adik yang selama ini selalu ikut mendukung dan berjuang bersama," kata Puan di Rumah Dinas MenpanRB Jalan Widya Chandra IV No.22, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

 BACA JUGA:Usai Dishalatkan, Sejumlah Pejabat Negara Antarkan Jenazah Tjahjo Kumolo ke TMP Kalibata

Puan menambahkan, bahwa sebagai Ketua DPP ia meminta para kader PDIP untuk mengantarkan Tjahjo Kumolo ke tempat peristirahatan terakhir. Diketahui Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

"Tentu saja menugaskan kita semua kader PDIP untuk bisa mengantarkan pak Tjahjo ke tempat persamayaman terakhir," ucapnya.

 BACA JUGA:Mengenang Tjahjo Kumolo, Wapres: Beliau Kalau Kasih Laporan dalam Bentuk Buku-Buku

Diketahui, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB. Jenazah sempat menjalani perawatan selama beberapa waktu di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo. 

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 atau meninggal di usia 64 tahun. Dia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Tjahjo juga merupakan salah seorang politikus Indonesia dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya (Golkar).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini