Share

Mengintip Rumah Tjahjo Kumolo sejak Kecil hingga Kuliah di Semarang

Awaludin, Okezone · Jum'at 01 Juli 2022 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2621864 mengintip-rumah-tjahjo-kumolo-sejak-kecil-hingga-kuliah-di-semarang-pum47JfkwW.jpg Rumah Tjahjo Kumolo di Semarang (foto: dok Antara)

SEMARANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo yang tutup usia di Jakarta, meninggalkan sebuah rumah keluarga di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Keponakan almarhum, Adrin Rahmatsyah mengatakan, politikus PDIP tersebut terakhir kali pulang ke rumah di Semarang sekitar sebulan lalu.

"Sekitar sebulan lalu, kondisi masih sehat," kata Adrin, seperti dikutip dari Antara, Jumat (7/1/2022).

 BACA JUGA:Tjahjo Kumolo Meninggal, Mahfud MD dan Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman

Rumah bercat merah di Jalan Citarum Utara Nomor 16, Kota Semarang, itu dihuni dan dirawat oleh adik almarhum yang tinggal bersama keponakannya.

Ia menyebut almarhum beserta keluarganya sudah tidak lagi meninggali rumah di Semarang ini. Rumah tersebut, lanjut dia, sempat ditinggali almarhum sejak kecil hingga lulus kuliah.

 BACA JUGA:Tjahjo Kumolo Meninggal, Jusuf Kalla Melayat ke Rumah Duka

Menurut dia, rumah ini hanya digunakan untuk pertemuan keluarga atau rapat untuk keperluan pekerjaannya di tempat tersebut.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Ruang utama rumah almarhum tersebut dipenuhi dengan berbagai foto kenangan semasa berkarir di politik maupun pejabat negara.

Adri menyebut belum ada kegiatan rumah almarhum di Semarang ini berkaitan dengan kabar duka tersebut.

"Belum ada, hanya tadi ada teman pakde yang tinggal di Semarang," pungkasnya.

Perlu diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, pukul 11.00 WIB, Kamis (1/7/2022) di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Almarhum Tjahjo akan dibawa ke rumah duka di Widya Chandra. Nantinya, politikus PDIP tersebut akan disemayamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, sore nanti.

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 atau meninggal di usia 64 tahun. Dia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Tjahjo juga merupakan salah seorang politikus Indonesia dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P. Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini