Share

Tjahjo Kumolo Meninggal, Mahfud MD dan Pratikno Jadi Inspektur Upacara Pemakaman

Dimas Choirul, MNC Media · Jum'at 01 Juli 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2621843 tjahjo-kumolo-meninggal-mahfud-md-dan-pratikno-jadi-inspektur-upacara-pemakaman-RO4lfq8fFQ.jpg Tjahjo Kumolo (Foto: Dok Okezone.com)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD dan Mensesneg Pratikno direncanakan bakal menjadi Inspektur Upacara (Irup) pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Kementerian PAN RB Rini Widyantini.

Rini mengatakan, prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada negara akan dilakukan setelah jenazah Tjahjo disholatkan di Masjid Quba.

"Kemudian kami menginformasikan yang jadi Irup di kantor Kemenpan ialah Menkopolhukam (Mahfud MD)," kata Rini saat konferensi pers di Kantor Kementerian PAN RB, Jumat (1/7/2022).

Setelah diserahkan dari kantor Kemen PAN RB, jenazah akan dibawa menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Umum (TMPNU) Kalibata untuk disemayamkan secara militer.

Di mana yang bertindak sebagai Inspektur Upacara di TMPNU adalah Mensesneg Pratikno. "Sebelum Sholat Ashar segera dimakamkan, karena pihak keluarga meminta," pungkasnya.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal, Jusuf Kalla Melayat ke Rumah Duka

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 atau meninggal di usia 64 tahun. Dia menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia sejak 23 Oktober 2019, pada Kabinet Indonesia Maju.

Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia yang menjabat dari 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Tjahjo juga merupakan salah seorang politikus Indonesia dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2009–2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I dan sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Tjahjo Kumolo secara mengejutkan dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 yang pada periode sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P. Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya (Golkar).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini