Share

Kiprah Polwan-Polwan Cantik, Tertibkan Lalu Lintas hingga Jadi Intel

Almas Taqiyya, Litbang Okezone · Sabtu 02 Juli 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 337 2621792 kiprah-polwan-polwan-cantik-tertibkan-lalu-lintas-hingga-jadi-intel-YRl9ebgg8B.jpg Polisi wanita (polwan) di Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polisi wanita atau biasa disebut polwan mempunyai tugas beragam. Selain memiliki paras yang cantik, seorang polwan juga punya tugas untuk menjaga keamanan dan mengayomi masyarakat. Mulai dari menertibkan lalu lintas, membantu masyarakat, hingga menjadi intel. Semua tugas tersebut diemban dengan penuh amanah. Berikut kiprah polwan-polwan cantik menurut berbagai sumber:

1. AKP Irrine Kania Defi

AKP Irrine Kania Defi berkiprah di Polres Bogor. Polwan cantik ini kerap ditunjuk sebagai pimpinan berbagai kegiatan sosial di Bogor. Salah satunya, menjadi pemimpin bakti sosial untuk membagikan takjil di depan Mako Polres Bogor, Cibinong, Rabu (20/4/2022) lalu. Dalam tugas tersebut, AKP Irrine Kania Defi membagikan takjil kepada warga sekitar dengan bantuan sejumlah teman-teman jurnalis. Bakti sosial ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh esok harinya.

Baca juga: Polwan Dipromosi Jadi Irjen, Polri: Komitmen dengan Kesetaraan Gender

Selain itu, AKP Irrine juga pernah membagikan bunga kepada Peserta Aksi Tolak UU Cipta Kerja di Komplek Pemerintahan Kabupten Bogor, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (16/10/2020) lalu. Apabila biasanya sering terjadi kericuhan antara polisi dan pendemo, AKP Irrine Kania Defi saat itu berterima kasih atas kegiatan penyampaian aspirasi yang kondusif, aman dan tertib.

Baca juga: 3 Tokoh Polwan Paling Populer di Indonesia, Ada yang Berpangkat Jenderal

Sebelum ditugaskan di Bogor, AKP Irrine sempat bertugas di Polrestabes Bandung sebagai Kepala Unit (Kanit) Pelayanan Perempuan Dan Anak (PPA) Sat Reskrim. Ia dan tim di Unit PPA bertugas untuk menyelidiki dan melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu yang menyangkut perempuan dan anak, baik terhadap korban, saksi, maupun pelakunya.

2. Bripda Agatha Dian Listyani

Sudah menjadi tugas polwan untuk mengayomi masyarakat. Selain berkiprah di kantor kepolisian, Bripda Agatha Dian Listyani juga secara sukarela menjadi guru les gratis anak-anak desa di Bukit Menoreh, yang berjarak sekitar 7 km dari tempatnya berdinas.

Sehari-hari, Bripda cantik ini bertugas di kantor dan menyelesaikan tugas-tugasnya secara cekatan. Dengan senyum ramah, anggota polwan Satlantas Polres Kulonprogo, Yogyakarta ini, melayani masyarakat yang datang ke kantornya. Barulah setelah selesai berdinas, ia melaju dengan motornya ke desa di Bukit Menoreh.

Rupanya, hobi berinteraksi dengan anak-anak dan mengajar membuat Bripda Agatha rutin menjadi guru les gratis. Tanpa kenal lelah, ia memberikan pelajaran tambahan kepada anak-anak di perbukitan Menoreh ini. Melalui kegiatan ini, Bripda Agatha dapat mewujudkan mimpinya mengabdi sebagai polwan sekaligus melakukan hobinya dengan menjadi guru les gratis untuk anak-anak.

3. AKP Dharmawati

Kiprah AKP Dharmawati dipuji setelah videonya berjibaku menolong seorang ibu yang pingsan akibat mengalami kecelakaan lalu lintas viral. Dalam video tersebut, meski hujan turun dengan lebat, polwan cantik ini tetap memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Ia secara langsung mengangkut korban yang mengalami luka-luka menggunakan mobil dinasnya. Kecelakaan terjadi di Jalan Porong Simpang Lima Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Diketahui, korban pingsan setelah terjatuh dari motornya akibat menabrak trotoar. Kondisi jalan saat itu tengah hujan deras dan jalanan tergenang air. Korban juga tengah berboncengan dengan anaknya dari Kota Makassar, menuju rumah kerabatnya di daerah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Pada saat itu, AKP Dharmawati melintas di TKP kecelakaan tersebut. Ia bersama anggota lain langsung mengevakuasi korban menggunakan mobil patroli polisi lalu lintas Polres Maros.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini