Share

Ma'ruf Amin: RUU KIA Komitmen Pemerintah Lindungi Ibu dan Anak

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 30 Juni 2022 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 337 2621382 ma-ruf-amin-ruu-kia-komitmen-pemerintah-lindungi-ibu-dan-anak-X1yFLoBvW7.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Rancangan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA) merupakan komitmen pemerintah supaya ibu dan anak Indonesia terlindungi.

“Saya kira pemerintah komitmen lah untuk undang-undang yang bisa membawa kebaikan untuk ibu dan anak. Saya kira kalau sudah menjadi rancangan dan kita membahas bersama dengan DPR tinggal membuat rumusan-rumusan yang lebih baik lagi. Supaya ibu dan anak dapat terlindungi,” ujar Wapres di sela kunjungan kerja di Nusa Tenggara Barat, Kamis (30/6/2022).

Diketahui, DPR akhirnya menyetujui RUU KIA menjadi RUU usul inisiatif DPR RI. Keputusan tersebut diambil dalam rapat paripurna DPR RI ke-26 Masa Persidangan V Tahun 2021-2022 siang ini. 

Selain mengatur terkait hal cuti enam bulan bagi pekerja perempuan yang melahirkan, RUU ini juga mengatur terkait penyediaan daycare atau tempat penitipan anak di tempat bekerja sang ibu.

Sementara itu, dalam sidang yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad telah memberikan kesempatan kepada juru bicara dari setiap fraksi menyampaikan pendapat fraksi secara tertulis kepada pimpinan DPR RI.

 BACA JUGA:Wapres Maruf Amin Kunjungi Kampung Batik Cibuluh Bogor

“Sidang dewan yang terhormat dengan demikian kesembilan fraksi telah menyampaikan pendapat fraksinya masing-masing dan kami menanyakan sidang dewan yang terhormat apakah rancangan undang undang tentang kesejahteraan ibu dan anak dapat disetujui menjadi RUU usul DPR RI?” tanya Dasco

“Setuju,” jawab anggota dewan yang hadir. Dasco pun langsung memberikan persetujuan terkait RUU KIA ini setelah mendapatkan jawaban dari perwakilan para fraksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini