Share

Mayjen Tri Budi Utomo Jadi Pangdam Mulawarman, Pengamat: Untuk Amankan IKN Nusantara

Riezky Maulana, iNews · Kamis 30 Juni 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 337 2620902 mayjen-tri-budi-utomo-jadi-pangdam-mulawarman-pengamat-tak-bisa-dilepaskan-dari-peroyek-ikn-nusantara-tZzItanmKB.jpg Mayjen Tri Budi Utomo/ Foto: SINDOnews

JAKARTA - Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas menilai digesernya posisi Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjadi Pangdam VI Mulawarman bukan tanpa maksud. Dia menilai hal ini dilakukan untuk mengamankan proyek pembangunan IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Posisi Mayjen Budi sebelumnya adalah Danpaspampres.

 BACA JUGA:Polisi Amankan 3 Pelaku Begal Handphone Bersenjata Celurit di Tangerang

Di mana, dalam SK Panglima TNI Nomor 6Kep/558/VI/2022 tertanggal 27 Juni 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, Mayjen Budi bersama 179 Pati TNI lainnya mendapatkan promosi dan mutasi jabatan.

"Digesernya Mayjen Tri Budi Utomo, dari posisi Komandan Paspampres menjadi Pangdam VI/Mulawarman jelas tidak bisa dikesampingkan dengan kaitan proyek Ibu Kota Nusantara," ujar Anton dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Hal itu dikarenakan, IKN Nusantara berada di bawah pengamanan Kodam VI/Mulawarman. Tak hanya itu, penugasan ini menjadi suatu isyarat bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin orang kepercayaannya mengamankan wilayah tersebut.

 BACA JUGA:Presiden Jokowi Bertemu Zelensky di Kiev, Ini 4 Poin Penting yang Dibahas

"Mengingat IKN berada di dalam wilayah pengamanan Kodam VI/Mulawarman. Penugasan ini dapat menyiratkan Presiden menginginkan orang kepercayaannya yang mengamankan wilayah itu" katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Sekadar informasi, pria kelahiran 6 Februari 1971 ini tercatat sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1994 dari kecabangan Infanteri. Dalam karier militernya, Mayjen Budi akrab dengan dua satuan, yakni Paspampres dan Kopassus.

 BACA JUGA:KPK Periksa Mantan Dirut Pertamina dan PLN Hari Ini

Di mana, pada 2016 hingga 2017 sempat menjabat sebagai Komandan Sat Gultor 81/Kopassus. Sebelum itu, tepatnya saat Tahun 2015-2016, dirinya mengisi jabatan sebagai Aspers Danjen Kopassus.

Selepaa menjabat Sangat Gultor 81, dirinya berpindsh satuan ke Paspampres (2018-2019). Kala itu, Budi dipercaya sebagai Komandan Grup A Paspampres.

Kemudian, dirinya ditarik ke wilayah Banten untuk menjadi Danrem 052/Wijayakrama pada 2019-2020. Barulah di tahun yang sama, Budi kembali lagi ditarik ke Korps Baret Merah untuk menjabat sebagai Wadanjen Kopassus.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini