Share

4 Calon Hakim MA Terpilih yang Akan Disahkan di Paripurna DPR Pagi Ini

Kiswondari, Sindonews · Kamis 30 Juni 2022 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 337 2620740 4-calon-hakim-ma-terpilih-yang-akan-disahkan-di-paripurna-dpr-pagi-ini-L7gDkxX86U.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - DPR akan mengesahkan 4 Calon Hakim Agung (CHA) dan Calon Hakim Ad Hoc Tipikor di Mahkamah Agung (MA) pada Rapat Paripurna DPR yang digelar pada hari ini, Kamis (30/6/2022), pukul 9.30 WIB.

Sebelumnya,  yang digelar secara terbuka pada Rabu 29 Juni 2022 malam kemarin.

"Selanjutnya hasil persetujuan ikeempat nama calon hakim tersebut disepakati secara bulat oleh 9 fraksi di Rapat Pleno Komisi III DPRni akan dilaporkan dalam rapat paripurna DPR RI hari Kamis tanggal 30 Juni 2022 untuk diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir dalam Rapat Pleno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Kamis (30/6/2022).

Sebelumnya, Komisi III DPR menggelar rangkaian Uji Kepatutan dan Kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim yang hasil seleksi di Komisi Yudisial (KY) sejak Senin-Rabu (27-29 Juni) kemarin. Semua calon mengambil nomor urut dan membuat makalah dalam waktu satu jam pada hari pertama, dilanjutkan dengan pemaparan makalah dan pendalaman di hari kedua dan ketiga.

Baca juga: Hari Ini, Komisi III Putuskan Hasil Uji Kelayakan Calon Hakim Agung

Adapun 4 calon hakim MA yang terpilih itu yakni:

1.Dr. Nani Indrawati SH, M.Hum kamar perdata

2. Dr. Cerah Bangun SH, MH kamar tata usaha negara khusus pajak

3. Dr. Agustinus Purnomo Hadi SH, MH

4. H. Arizon Mega Jaya

Baca juga: Calon Hakim Agung dan Ad Hoc Tipikor Bakal Jalani Fit and Proper Test

Sementara, 7 calon hakim MA yang tidak lolos di antaranya, Calon Hakim Agung Kamar Agama Abdul Hakim, Calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Khusus Pajak Triyono Martanto, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Subiharta dan Suradi, Calon Hakim Agung Kamar Pidana Wilem Saija dan Sudharmawatiningsih, Calon Hakim Ad Hoc Tipikor di MA Rodjai S. Irawan.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini