Share

Deretan Negara Hormati Bung Karno, Nomor 1 Ubah Bangunan Jadi Masjid

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 30 Juni 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 337 2620467 deretan-negara-hormati-bung-karno-nomor-1-ubah-bangunan-jadi-masjid-siZwBKPRFu.jpg Bung Karno (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Presiden Soekarno atau yang akrab disapa Bung Karno merupakan pemimpin Indonesia yang disegani pada masanya. Selain karena kepemimpinannya yang berani, Bung Karno juga dikenal sebagai pemimpin yang memiliki banyak sahabat. Beberapa petinggi negara berteman baik dengan Presiden Soekarno. Bahkan sejumlah negara juga turut memberikan penghormatannya untuk Bung Karno. Berikut beberapa negara yang memberikan penghormatan bersejarah untuk Bung Karno.

1. Rusia

Rusia memang dikenal bersahabat baik dengan Indonesia, terutama pada masa Orde Lama, masa Bung Karno memimpin. Kala itu, Bung Karno memiliki hubungan erat dengan Perdana Menteri Uni Soviet Nikita Khrushchev. Keduanya memang punya satu visi, yaitu ingin melenyapkan kolonialisme dan imperialisme.

Tercatat Presiden Soekarno pernah bertandang ke Uni Soviet pada tahun 1956. Ketika berada di Kota Leningrard (kini St. Petersburg), Soekarno shalat di bangunan yang difungsikan sebagai gudang medis. Bung Karno lantas meminta Khrushchev untuk mengalihfungsikan bangunan tersebut menjadi masjid, yang kemudian diiyakan oleh Khrushchev.

Baca juga: 21 Juni, Mengenang Hari Wafatnya Presiden Pertama RI Soekarno

Kini, bangunan dengan kubah biru tersebut telah menjadi tempat ibadah umat Islam. Nama Soekarno memang tidak secara resmi tersemat pada nama Masjid Saint Petersburg. Namun, masjid biru itu kerap disebut dengan nama Masjid Soekarno.

Baca juga: Detik-Detik Jelang Tutup Usia, Soekarno: Allah

2. Mesir

Selain Rusia, Mesir juga merupakan salah satu negara yang berhubungan baik dengan Indonesia. Mesir menjadi salah satu negara yang mengakui kedaulatan Indonesia setelah proklamasi.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Berkat hubungan baik tersebut, nama Soekarno menjadi nama salah satu jalan di Giza, Mesir. Jalan ini bernama Jalan Ahmed Soekarno, terletak di wilayah yang dahulu berisi rumah-rumah elite. Nama Ahmed Soekarno sendiri merupakan nama yang dikenal oleh masyarakat Mesir untuk menyebut sosok Soekarno.

3. Meksiko

Negara dengan ibu kota Mexico City ini juga memiliki sejarah hubungan yang erat dengan Indonesia. Untuk mengenang hal tersebut, pemerintah Meksiko membangun sebuah taman yang diberi nama Parque Soekarno di Mexico City.

Taman indah seluas 2.500 meter persegi itu memajang patung Soekarno dengan tinggi 3 meter. Selain itu, terdapat mural yang menggambarkan kedekatan Presiden Soekarno dengan Presiden Mexico Mateo Lopez. Bahkan, peresmian taman Parque Soekarno ini dilakukan langsung oleh cucu Soekarno sendiri, yaitu Puan Maharani, dan Julio Cesar Moreno, Wali Kota Venustiano Carranza pada tahun 2019.

Baca juga: Hari-Hari Terakhir Sebelum Wafat, Bung Karno: Aku Ingin Ditembak Saja

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini