Share

Puan, Ganjar, dan Risma Disebut Penuhi Kriteria Capres, Ini Tanggapan Elite PDIP

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 29 Juni 2022 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 337 2620434 puan-ganjar-dan-risma-disebut-penuhi-kriteria-capres-ini-tanggapan-elite-pdip-kbFormOoT8.jpg Nama Puan Maharani, Ganjar Pranowo, dan Tri Rismaharini disebut memenuhi kriteria capres PDIP. (Okezone)

JAKARTA - Nama Puan Maharani, Ganjar Pranowo, dan Tri Rismaharini disebut memenuhi kriteria untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Politikus senior PDI-Perjuangan (PDIP), Hendrawan Supratikno, menanggapi hal tersebut.

"Itu ranah ketua umum," ujar Hendrawan Supratikno, Rabu (29/6/2022) ketika dikonfirmasi.

Ia menyebutkan dalam Rakernas II PDIP pada 20-22 Juni 2022, kader PDIP Ganjar Pranowo membacakan hasil rakernas bahwa nama capres akan diputuskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pesan Ketum di Rakernas, yang dibacakan GP (Ganjar Pranowo), sudah jelas dan tegas. Tidak perlu ditafsirkan atau diulas lagi," kata Hendrawan Supratikno.

Sementara itu, politikus PDI Perjuangan lainnya, Junimart Girsang menyebutkan pernyataan elite yang menyebutkan 3 nama tersebut bukan merupakan pernyataan resmi dari PDIP.

"Sesuai keputusan Kongres di Bali, menyangkut nama capres dan cawapres, itu menjadi kewenangan dan hak prerogatif ibu ketua umum (Megawati Soekarnoputri)," kata Junimart Girsang.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Sedangkan, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menyebutkan yang berhak mengumumkan ke publik terkait capres-cawapres adalah Megawati Soekarnoputri.

"Yang memilih, memilah, dan mengerucutkan nama capres dan atau cawapres adalah Ibu Ketua Umum sesuai keputusan Kongres V Partai. Saya, sebagai Ketua DPP bidang Pemenangan Pemilu bertugas membantu ibu ketua umum dalam memenangkan pemilu," tutur Bambang Pacul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini