Share

149 TKI Meninggal di Kantor Imigrasi Malaysia, DPR Bantah Kecolongan

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 29 Juni 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 337 2620205 149-tki-meninggal-di-kantor-imigrasi-malaysia-dpr-bantah-kecolongan-9rUu8jvt7y.jpg Ilustrasi/ Foto: Freepik

JAKARTA - Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB) mengungkapkan sebanyak 149 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) meninggal dan beberapa lainnya mengalami penganiayaan di Pusat Tahanan Imigrasi (DTI) di Sabah, Malaysia.

 BACA JUGA:Selain di Jakarta, Outlet Holywings di Sejumlah Daerah Ini Tutup

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyebutkan pihaknya membantah pemerintah kecolongan terkait banyaknya TKI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang meninggal di Malaysia.

"Saya pikir perlu dibentuk satu Satgas yang berkordinasi terpadu untuk memantau pekerja-pekerja Indonesia di luar negeri," ujar Dasco, Rabu (29/6/2022).

Lebih lanjut, ia menyebutkan tidak bisa menyalahkan satu lembaga tapi memang perlu koordinasi mengenai masalah pekerja-pekerja yang ditahan.

"Ini juga bukan masalah yang gampang, bukan masalah yang mudah sehingga untuk melakukan deteksi, monitoring. Perlu kerja sama semua pihak," kata Dasco.

 BACA JUGA:KPK Panggil Mantan Mendagri Gamawan Fauzi terkait Korupsi e-KTP

Pihaknya mengapresiasi kepada Kementerian Luar Negeri yang segera menindaklanjuti masalah ini agar kemudian permasalahan tenaga kerja kita di luar negeri bisa berangsur-angsur diatasi.

"Ya itu tadi saya bilang, kita perlu membuat satuan tugas terpadu karena mengenai masalah TKI yang bekerja secara ilegal di luar negeri," tambahnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Sehingga kata Dasco tidak bisa melabelkan pemerintah mengalami kecolongan terkait hal tersebut.

"Itu juga harus ada kerja sama antara beberapa pihak atau beberapa kementerian atau beberapa lembaga di Indonesia ini supaya bisa termonitor. Sehingga tadi kita tidak bisa juga bicara salah satu lembaga kecolongan atau kemudian tidak monitor," pungkas Dasco.

 BACA JUGA:Kasus Perundungan Remaja Wanita di Bogor, Polisi Sudah Amankan 5 Tersangka

Sebagaimana diketahui, Kementerian Luar Negeri Indonesia akan menindaklanjuti terkait l laporan 149 buruh migran asal RI yang tewas di tahanan imigrasi Sabah, Malaysia.

KBMB melaporkan sebanyak 149 buruh migran Indonesia tewas di Pusat Tahanan Imigrasi (DTI) di Sabah, Malaysia.

 BACA JUGA:Holywings Pecat dan Tidak Berikan Bantuan Hukum untuk 6 Tim Kreatifnya yang Jadi Tersangka

Dari data Kedutaan Malaysia di Jakarta, sebanyak 101 warga negara Indonesia (WNI) meninggal pada 2021. Pada Januari hingga Juni 2022, 48 WNI meninggal di seluruh DTI di Sabah. KBMB membeberkan beberapa buruh migran tewas karena minim perawatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini