Share

Kemhan dan TNI Raih WTP 4 Tahun Berturut-turut, Pengamat: Tanggung Jawab yang Harus Dijaga

Tim Okezone, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 337 2620075 kemhan-dan-tni-raih-wtp-4-tahun-berturut-turut-pengamat-tanggung-jawab-yang-harus-dijaga-FnBcZpoiZF.jpg Foto Tim Media Prabowo

JAKARTA - Untuk keempat kalinya secara berturut-turut, Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati menilai predikat WTP ini begitu istimewa karena anggaran Kemhan dan TNI termasuk salah satu yang terbesar. Namun, Kemhan di bawah Prabowo Subianto dan TNI di bawah komando Jenderal Andika Perkasa mampu mengelola anggaran dengan baik.

”Anggaran pertahanan termasuk tertinggi. Hal ini merupakan tanggung jawab yang harus dijaga. Jangan sampai ada kebocoran-kebocoran anggaran,” ujarnya.

Agar pemeriksaan berjalan lancar, jujur dan akuntabel, kata Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Hankam dan Cyber Security ini satuan kerja (satker) di Kemhan agar senantiasa berkoordinasi dan menyiapkan data dukung dan informasi yang diperlukan tim pemeriksa BPK.

"Guna mewujudkan pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan yang transparan dan akuntabel," katanya.

Diketahui, Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Capaian ini adalah yang keempat kalinya secara berturut-turut sejak Tahun 2018.

Hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2021 tersebut diterima oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto pada Selasa (28/6/2022).

Mantan Danjen Kopassus ini mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan tim BPK RI kepada Kemhan dan TNI selama ini, sehingga hasil pemeriksaan tahun ini Kemhan dan TNI kembali dapat menerima predikat opini WTP. Sebab, capaian ini akan berdampak pada peningkatan pelaksanaan tugas Kemhan dan TNI ke depannya.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini