Share

Viral Motor Ditilang di Halaman Dealer, Irjen Dedi Ceritakan Peristiwa Utuhnya

Riezky Maulana, iNews · Selasa 28 Juni 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 337 2619655 viral-motor-ditilang-di-halaman-dealer-irjen-dedi-ceritakan-peristiwa-utuhnya-AiTN8PzZKW.jpg Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Foto: Tangkapan layar Podcast Deddy Corbuzier)

JAKARTA - Jagat media sosial sempat heboh dengan narasi mengenai petugas polisi yang melakukan tilang terhadap pengendara motor di halaman salah satu dealer kendaraan di Lampung. Adapun video tersebut menarasikan motor itu baru saja dibeli.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengklarifikasi hal tersebut. Dalam Podcast Dedy Corbuzier, Dedi menjelaskan, narasi tilang di depan dealer adalah salah. 

Sebab, pengendara tersebut ternyata sedang melewati kawasan tertib lalu lintas atau jalan raya. Namun, yang bersangkutan malah masuk ke dalam dealer lantaran takut untuk ditilang.

"Dari konten hanya diambil sepenggal, diambil saat polisi dan pengendara motor ada di halaman dealer tersebut. Padahal cerita utuhnya, pengendara itu melewati kawasan tertib lalu lintas, di jalan raya untuk menghindari polisi masuk ke dealer," tutur Dedi dalam video yang diunggah, Selasa (28/6/2022).

Lebih jauh dituturkan, saat dilakukan penilangan ternyata diketahui bahwa pengendara itu tidak melengkapi surat-surat kendaraannya. Tak sampai disitu, yang bersangkutan juga tidak menggunakan helm.

"Ditindak sama polisi di dealer kemudian dilakukan penilangan. Tidak menggunakan helm dan memiliki surat-surat kendaraan," katanya.

Dedi menjelaskan, video tersebut direkam dan disebarluaskan oleh mereka yang tidak mengetahui kronologi untuk dari peristiwa tersebut. Akan tetapi, terkait si perekam, kepolisian tak akan menjeratnya dengan UU ITE.

"Yang viralin orang lain. Tidak semua kasus UU ITE bermuara pada hukum, tapi ada kasus UU ITE, sesuai dengan kebijakan dan arahan Pak Kapolri diselesaikan dengan restorative justice. Ini potongan video ya," pungkasnya.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini