Share

6 Preman Legendaris Indonesia, Mantan Bintang Layar Lebar Salah Satunya

Tim Okezone, Okezone · Selasa 28 Juni 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 337 2619544 6-preman-legendaris-indonesia-mantan-bintang-layar-lebar-salah-satunya-nr89WsQGcE.jpg Ilustrasi (Foto : Staff Photographer)

JAKARTA – Sejumlah preman di Indonesia dari tahun ke tahun punya kisahnya sendiri. Nama mereka bahkan sangat legendaris di zamannya dengan sederet peristiwa yang bikin merinding.

Berdasarkan data yang dihimpun MNC Portal, berikut daftar preman legendaris di Indonesia:

1. Johny Indo

Mantan bintang layar lebar ini awalnya dikenal sebagai perampok toko emas di Jakarta. Ia memiliki kelompok bernama Pachinko.

Pada 1979, Johny ditangkap dan divonis hukuman 14 tahun penjara. Pada 1982, ia sempat kabur dari penjara yang pada akhirnya menyerahkan diri. Setelah itu, Johny memilih untuk menjadi aktor dan kemudian berdakwah.

Jhony Indo (Foto : Youtube)

Ia meninggal di usia 72 tahun pada, Minggu 26 Januari 2020

2. Hercules

Preman dengan julukan 'kepala preman dari timur' memiliki nama asli Rosario de Marshall. Dirinya terkenal sangar dan bernyali besar.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang β€˜kebal’ karena selalu bisa selamat dari ancaman mematikan. Hercules juga terkenal sebagai salah satu preman paling tersohor di Tanah Abang.

3. Anton Medan

Pada 1990-an, pemilik nama asli Tan Hok Liang ini terkenal sebagai penjahat kelas kakap, perampok, sekaligus bandar judi. Belasan tahun malang melintang di dunia kejahatan, pada akhirnya Anton memutuskan untuk tobat dengan menjadi guru mengaji dan pendakwah khususnya di rutan.

Anton Medan menghembuskan nafas terkahirnya pada 15 Maret 2021.

4. Olo Pangabean

Sosoknya sudah melalangbuana di kota Medan. Dirinya merupakan pendiri Ikatan Pemuda Karya (IPK) dan memiliki bisnis sebagai debt collector serta memiliki rumah judi dan sejumlah franchise.

Kekayaannya diketahui mencapai miliaran rupiah dari bisnisnya itu. Namun, diceritakan bahwa Olo Pangabean merupakan sosok yang dermawan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

5. Kusni Kasdut

Konon, Kusni adalah perampok yang lihai karena mampu meloloskan diri dari penjara. Kasus besar yang pernah dilakoninya adalah aksi perampokan 11 permata di Museum Gajah pada 31 Mei 1961.

Pasca perbuatannya tersebut, Kusni berhasil tertangkap dan dijatuhi vonis hukuman mati di Pengadilan Semarang pada 1969.

6. John Kei

Bisnis debt collector yang dijalankan John Kei, berulang kali menyeret namanya pada berbagai kasus kriminal, mulai dari penganiayaan hingga pembunuhan.

John Kei bahkan diberi julukan "Godfather Jakarta" karena kelihaiannya dalam menjalankan bisnis ala mafia. Pada Mei 2021, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan vonis 15 tahun penjara terhadap Kei untuk kasus pembunuhan berencana terhadap Yustus Corwing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini