Share

Macam-Macam Panggilan Sayang dalam Bahasa Jawa

Zahra Larasati , Okezone · Senin 27 Juni 2022 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 337 2619062 macam-macam-panggilan-sayang-dalam-bahasa-jawa-dQRq7AtXfV.jpg Ilustrasi/ Foto: Inspirational feed

JAKARTA - Panggilan sayang untuk pasangan kita memang beragam, mulai dari ayang, beb, yang, dan lain-lain. Buat kamu yang orang jawa, kamu bisa menggunakan panggilan sayang ini untuk orang tercinta.

 BACA JUGA:Bunuh Ibu Kandung, Pelaku Samarkan TKP seolah Terjadi Perampokan

1. Mbak

Awalnya, mbak hanya digunakan untuk menyebutkan kakak perempuan. Akan tetapi, beberapa masyarakat Jawa memakai panggilan ini untuk menyebutkan anak perempuan dari paman dan bibi.

Kini, makna panggilan itu pun berubah seiring perkembangan zaman. Bagi kaum muda, ada kemungkinan orang akan memanggil kamu dengan mbak. Sementara, pasangan laki-laki juga bisa memanggil kekasihnya dengan sebutan ini.

 BACA JUGA:Kasus Promo Berbau SARA, Wamenag Sebut Sensitivitas Holywings Tumpul

2. Mas

Kalau mbak panggilan untuk laki-laki ke perempuan, sekarang kebalikannya. Terkadang panggilan kang mas juga digunakan sebagai panggilan sayang dari istri ke suami.

Buat para pasangan wanita, kamu bisa menggunakan sebutan ini untuk orang tercinta.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

3. Dek Ayu

Dek ayu adalah panggilan untuk wanita kesayangan. Jadi jika suaminya dipanggil dengan kang mas, istrinya dipanggil dengan dek ayu. Panggilan ini bisa menggambarkan suami yang sebagai orang yang memimpin keluarga layaknya kakak yang lebih tua dan istri sebagai orang yang dilindungi dan disayang.

 BACA JUGA:Pria Ini Cabuli Anak Kandungnya hingga Hamil 5 Bulan

4. Kang Mas

Kalau tadi suami ke istri, panggilan kang mas diucap oleh sang istri. Kangmas merupakan panggilan yang lazimnya digunakan sebagai sebutan untuk kakak laki-laki, namun seiring berjalannya waktu panggilan kang mas juga dapat digunakan untuk pasangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini