Share

4 Kasus Jual Ginjal yang Viral, Ada yang Libatkan RS Terkemuka Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 28 Juni 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 337 2618978 4-kasus-jual-ginjal-yang-viral-ada-yang-libatkan-rs-terkemuka-indonesia-nzfKHuNnmM.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA - Organ dalam tubuh merupakan salah satu benda berharga yang kita miliki. Apabila memiliki tubuh dan organ yang sehat, seorang manusia bisa menjalani kesehariannya dengan aktif tanpa hambatan. Inilah sebabnya bila organ tubuh, khususnya ginjal, dijual, maka ditaksir mencapai harga selangit. Mirisnya, sejumlah orang nekat menjual organ ginjalnya karena berbagai alasan.

Berikut beberapa kasus jual ginjal yang viral, sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

BACA JUGA: Penduduk Desa Ini Banyak yang Hanya Punya Satu Ginjal, Alasannya Bikin Sedih

1. Sindikat Penjualan Ginjal hingga ke Singapura

Pada 2016 lalu, masyarakat Indonesia sempat dibuat geger dengan penemuan sindikat penjualan organ tubuh ginjal. Kasus ini juga heboh lantaran menyangkut nama salah satu rumah sakit, yaitu RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Rupanya peristiwa ini sudah berlangsung cukup lama, yaitu sejak Januari 2014 hingga Desember 2015 lalu.

BACA JUGA: Terjerat Pinjol, Janda 4 Anak Nekat Mau Jual Ginjal Rp65 Juta

Sindikat ini mempunyai sejumlah oknum dengan tugasnya masing-masing. Ada AG dan DD yang bertugas untuk mencari korban, kemudian HS yang menjadi penghubung antara keduanya dan rumah sakit. Proses jual-beli ini dimulai ketika HS mendapat order ginjal dari rumah sakit, kemudian HS pun menyuruh AG dan DD untuk mencari korban. Bahkan, HS mengaku sempat membawa korban ke Singapura untuk dijual ginjalnya dan dilakukan transplantasi kepada si penerima.

Ketiga pelaku yang terlibat telah ditangkap dan diamankan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

2. Terlilit Utang, Ibu Hamil Rela Jual Ginjal

Sebuah unggahan di media sosial sempat viral, pada Januari 2022. Unggahan tersebut memperlihatkan seorang ibu hamil 7 bulan asal Depok, Jawa Barat yang mengaku siap menjual ginjalnya demi melunasi utang. Aksi ini dilakukan demi membayar utangnya yang nyaris Rp1 miliar.

Ibu yang berinisial MM tersebut terlilit utang lantaran harus meminjam modal ratusan juta rupiah untuk bisnis minyak gorengnya. Namun, bisnis tersebut bangkrut dan menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. MM juga merasa tertekan karena rentenir yang menagih utangnya akan terus menunggu di depan rumah, bahkan hingga keesokan hari, agar MM cepat melunasi utangnya.

3. Jual Ginjal Demi Iphone 4

Wang, seorang pria asal China rela menjual ginjalnya pada 2011 demi membeli Iphone 4. Di tahun itu, Iphone 4 memang menjadi ponsel andalan dan paling populer milik Apple. Namun, keputusan tersebut membuat Wang harus menempatkan dirinya di tempat tidur untuk selamanya. Hal ini dikarenakan pembedahan Wang yang tidak berhasil. Selain itu, luka bekas operasi Wang menumbuhkan infeksi dan mempengaruhi ginjalnya yang lain. Wang sendiri telah menjual salah satu ginjalnya dengan harga USD3.200 atau sekitar Rp47 juta.

4. Janda Empat Anak Hendak Jual Ginjal karena Utang

Seorang janda empat anak berinisial MK terlilit utang sehingga berbuat nekat untuk menjual ginjalnya, pada 2021. MK hendak menjual ginjalnya dengan harga sesuai jumlah utang yang harus dibayarnya, yakni Rp65 juta. Ia merupakan ibu rumah tangga yang ditinggal suaminya. Upah dari buruh cuci gosoknya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena minimnya penghasilan.

Melalui selebaran, MK berniat untuk menjual ginjalnya karena sudah putus asa. Ia mengaku ikhlas apabila ini memang jalan yang diberikan Tuhan, karena ia merasa tidak mempunyai apa-apa lagi untuk dijual.

Sebelumnya, ia sudah berusaha meminta bantuan kepada beberapa pihak untuk membantu ia membayar utangnya. Seperti, meminta bantuan ke DKM, Pak Lurah, hingga Polsek, namun usahanya belum membuahkan hasil sedikit pun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini