Share

Deretan Polisi yang Jadi Korban Penembakan, dari Cemburu hingga Ditembak Tahanan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 26 Juni 2022 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 337 2618158 deretan-polisi-yang-jadi-korban-penembakan-dari-cemburu-hingga-ditembak-tahanan-8fw8IhesKb.jpg ilustrasi penembakan/ist

POLISI sebagai aparatur negara mempunyai tugas untuk memberi rasa aman kepada masyarakat. Namun, ada kalanya polisi menjadi korban ketika sedang bertugas dengan luka tembakan di tubuhnya. Penyebabnya pun beragam, mulai dari ditembak rekan kerja sendiri hingga ditembak kelompok bersenjata. Berikut daftar polisi yang jadi korban penembakan.

(Baca juga: Pelaku Nekat Tembak Anggota Polres Musirawas karena Mengira Anaknya Ditembak Mati)

1. Peristiwa Briptu HT di NTB

Indonesia sempat digegerkan dengan peristiwa penembakan Briptu HT yang terjadi di rumah korban, tepatnya di Komplek Perumahan Griya Pesona Madani No XA 14 Kelurahan Denggen, Kecamatan Selong Lombok Timur, Senin (25/10/2021).

Pasalnya, Briptu HT bukan gugur ditembak oleh musuh, namun malah ditembak oleh rekan kerjanya sendiri, Bripka MN. Diduga motif penembakan ini adalah karena pelaku cemburu terhadap korban yang chatting dengan istri pelaku, sebagaimana dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto.

2. Briptu Mohamad Faisal Helut

Briptu Mohamad Faisal Helut mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pusat Polri, Kramat Jati, Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Ia merupakan anggota Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Polda Maluku yang gugur saat menjalankan tugas pengamanan konflik di Pulau Haruku, Maluku Tengah. Berkat jasanya, Briptu Mohamad Faisal Helut diberi kenaikan pangkat yang sebelumnya Briptu menjadi Brigadir Anumerta.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

3. AKBP Burhan Mutahir

AKBP Burhan Mutahir harus gugur tertembak saat bertugas di Kota Gorontalo pada (21/3/2022). Kala itu, ia ditembak mati oleh tahanan narkoba, Rocky, dengan luka tembak di kepalanya. Diduga terdapat kesalahan prosedur sehingga sempat dilakukan pendalaman untuk kasus ini.

Sementara pelaku penembakan diamankan dan dimintai keterangan. Jenazah AKBP Burhan Mutahir pun dibawa ke rumah duka di Desa Tuladenggi, Kecamatan Telaga Biru, Gorontalo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini