Share

Elektabilitas Naik Signifikan, Partai Perindo Miliki Modal Kuat Duduk di Senayan

Tim Okezone, Okezone · Kamis 23 Juni 2022 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 337 2616758 elektabilitas-naik-signifikan-partai-perindo-miliki-modal-kuat-duduk-di-senayan-1u35WgI37n.jpg Peneliti Senior Surabaya Survey Center, Surokim Abdus Salam (Foto: MPI)

JAKARTA - Pengamat politik Surokim Abdus Salam mengatakan trend kenaikan elektabilitas yang signifikan diraih Partai Perindo dipastikan bakal meloloskan partai tersebut ke Senayan. Ini berdasarkan hasil survei terbaru dirilis Litbang Kompas hari ini, di mana elektabilitas Partai Perindo mencapai 3,3%.

"Partai Perindo dari 1,6% ke 2,5% menjadi 3,3%. Trend kenaikan yang signifikan dan menjanjikan, bisa menjadi modal baik untuk menjadi partai parlemen," kata Surokim yang juga sebagai pengajar di Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur tersebut, Selasa (21/6/2022).

Disaat elektabilitas partai lain stagnan dan juga banyak yang menurun, ia mengaku Partai Perindo mampu menunjukkan trend positif.

Bahkan, elektabilitas partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu melampaui dan menempel partai senior yang berada di Senayan.

"Ini bisa menguatkan dan menjadi semangat bagi Partai Perindo untuk menjadi partai yang berada parlemen," ungkapnya.

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) tersebut menambahkan dengan modal 3,3% per Juni 2022 dari hasil survei Litbang Kompas dipublikasikan hari ini tentu menjadi kabar baik. Padahal, pada survei Litbang Kompas sebelumnya di Januari 2022, elektabilitas Partai Perindo pada angka 2,5%.

Dengan demikian, Partai Perindo masih bisa meningkatkan trend elektabilitasnya menuju 4% sebagaimana dipersyaratkan dalam parliamentary threshold (PT) di Pemilu 2024.

"Capaian ini harus menjadi energi baru dan energi positif bagi Partai Perindo untuk semakin optimis bisa bersaing ke depan. Ini sekali lagi menjadi tambahan energi bagi Partai Perindo menuju partai parlemen," ungkapnya.

Menurutnya melejitnya elektabilitas Partai Perindo menunjukkan politik gagasan dan aksi sosial dilakukan Partai Perindo telah bekerja maksimal, sehingga menuai hasil yang tokcer dan lebih permanen berada di benak pemilih Indonesia.

"Ini patut disyukuri dan harus bisa dijaga, dengan kembali bekerja keras agar ada kesinambungan untuk mengelola gagasan dan aksi tersebut," imbuhnya.

Agar semakin meroket, diakui Surokim, Partai Perindo harus terus memelihara, menjaga dan melakukan ekspansi lanjutan. Tentu hal ini, butuh intensitas dan resiliensi lebih tinggi untuk terus bersama publik dan pemilih Indonesia. Selain itu, juga dengan penguatan hingga ke tingkat level bawah, dengan begitu Partai Perindo dipastikan masuk parlemen.

"Jangan sampai terputus dan ada jeda, jika ingin naik lagi," ujar Dekan FISIP Universitas Trunojoyo Madura ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini