Share

Perubahan Kebijakan Airlangga Buat Kahuripan Jadi Kerajaan Besar Disegani

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 23 Juni 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 337 2616480 perubahan-kebijakan-airlangga-buat-kahuripan-jadi-kerajaan-besar-disegani-bJvFOr0p8G.jpg Ilustrasi (Foto: PHDI)

JAKARTA - Keberadaan Airlangga tak bisa dilepaskan dari Kerajaan Kahuripan. Maklum Airlangga-lah yang bertekad mengembalikan kejayaan era Wangsa Isyana dari Mpu Sindok di Kerajaan Mataram Kuno atau yang disebut Medang.

Airlangga konon menjadi pendiri sekaligus raja terakhir dari Kerajaan Kahuripan sebelum akhirnya dibelah menjadi dua. Airlangga bergelar Sri Maharaja Rakai Halu Sri Lokeswara Dharmawangsa Airlangga Anantawikramatunggadewa memerintah pada 1009 - 1042 Masehi.

Dikutip dari buku "Airlangga Biografi Raja Pembaru Jawa Abad XI" karya Ninie Susanti, ada beberapa langkah visioner yang dilakukan Airlangga usai dinyatakan menjadi raja oleh para pendeta dan rakyatnya. Kebijakan - kebijakan yang ditempuh Airlangga dalam memerintah Kerajaan Kahuripan ini digambarkan melalui beberapa prasasti, seperti Prasasti Cane, Baru, Terep, Kamalagyan, Turunhyang A.

Beberapa kebijakan konon disebut prasasti itu tak lazim pada kerajaan masa itu. Penyederhanaan sistem birokrasi pejabat pemerintahan diambil oleh Airlangga. Airlangga memberi perhatian besar kepada kesejahteraan rakyat yang diwujudkan dalam bentuk pemberian hadiah, kepada siapa saja yang berjasa bagi pemerintah dan raja, serta peningkatan pemeliharaan sarana umum, misalkan bangunan suci, bendungan, dan irigasi.

Baca juga: Ketika Airlangga Balas Dendam Atas Kematian Mertuanya Sang Raja Mataram

Di bidang keagamaan, Raja Airlangga memberi perhatian besar kepada kehidupan beragama di kerajaannya. Hal ini terlihat dengan selalu diikutsertakannya pada pendeta di dalam kegiatan - kegiatan yang diadakan pemerintahan saat itu.

Baca juga: Silsilah Kerajaan Kediri, Raja-rajanya Keturunan Raja Airlangga

Raja Airlangga juga melakukan perbaikan beberapa sarana prasarana umum yang berkaitan dengan hajat hidup dan matapencaharian rakyatnya. Perbaikan Bendungan Waringin Sapta, sehingga mengakibatkan berfungsi kembalinya pelabuhan regional Hujun Galuh, menjadi salah satunya.

Di bidang sosial pemberian hak istimewa dari raja kepada orang - orang yang telah berjasa secara individu, maupun keluarga ataupun seluruh penduduk desa. Bahkan karena kebijakan - kebijakan tersebut menjadikan Kerajaan Kahuripan begitu disegani dan dilirik oleh kerajaan - kerajaan di Asia Tenggara.

Konon beberapa kerajaan di Asia Selatan dan Asia Tenggara menjalin kerjasama dengan Kahuripan di bawah pemerintahan Airlangga. Kerjasama ini meliputi bidang politik, ekonomi, dan perkembangan agama - agama yang ada di Asia Selatan dan Tenggara.

Tak hanya kerajaan di luar nusantara, beberapa kerajaan di nusantara konon juga menjalin kerjasama dengan Kahuripan. Beberapa kerajaan misalnya Kerajaan Bali di bawah Dinasti Warmadewa, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Melayu, Kerajaan Sunda, dan Kerajaan Mataram Hindu, bekerja sama dengan Airlangga.

Baca juga: Perang Rusia vs Ukraina Mengingatkan Anak-Anak Raja Airlangga yang Saling Caplok

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini