Share

Masyarakat Wajib Waspada Kasus Covid-19 Naik Lagi

MNC Portal, · Rabu 22 Juni 2022 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 337 2615980 masyarakat-wajib-waspada-kasus-covid-19-naik-lagi-nUOeYPaDGf.jpg Ilustrasi. (Foto: MPI)

JAKARTA – Masyarakat diharapkan kembali waspada terkait perkembangan Covid-19. Dalam seminggu terakhir, data menunjukkan kasus Covid-19 menunjukkan tren kenaikan yang cukup signifikan. Sudah saatnya pemerintah memperketat lagi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) agar virus Corona ini tidak kembali meluas. Simak News RCTI+ yang terus memberitakan setiap perkembangan penting terkait kasus Covid-19.

Sepekan terakhir ini kasus positif Covid-19 kembali melonjak. Dimulai pada Selasa 14 Juni 2022, ada tambahan 930 kasus baru positif Covid-19 di Indonesia. Disusul esok harinya Rabu (14/6) ada tambahan 1.242 kasus baru corona. Inilah kali pertama kasus baru Covid-19 tembus 1.000 kasus sejak April 2022. Sejak Rabu hingga Minggu (19/6) kasus Covid berada di angka 1.000 orang.

Tentu saja lonjakan yang begitu tajam dalam beberpa hari ini membuat khawatir masyarakat. Banyak yang menduga naiknya kasus baru Covis-19 ini terjadi akibat libur lebaran yang dibarengi dengan mulai dilonggarakannya penerapan protokol Kesehatan (prokes). Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menegaskan bahwa penyebab kenaikan kasus Covid-19 bukan karena Lebaran. Melainkan, setiap kenaikan kasus terjadi karena adanya varian Covid-19 baru, yakni subvarian BA.4 dan BA.5

Kabar buruknya, Menteri Kesehatan menjelaskan peningkatan kasus baru Covid-19 dalam beberapa hari mendatang diprediksi masih akan terjadi. Puncak kasus harian Covid-19 sebagai akibat penularan subvarian BA.4 dan BA.5 diperkirakan mencapai 20.000 per hari. Hal ini berdasarkan analisis perbandingan dengan puncak kasus harian akibat penularan varian Delta dan varian Omicron.

"Pengamatan kami ini gelombang BA.4, BA.5 itu biasanya puncaknya tercapai satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi harusnya di minggu kedua Juli, minggu ketiga Juli, kita akan melihat puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini," tuturnya beberapa waktu lalu. Setelah itu diharapkan kasus Covid-19 di Tanah Air akan kembali turun

Kabar baiknya, subvarian BA.4 dan BA.5 ini tidak seganas varian Delta atau Omicron. Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, dilihat dari fatality rate atau tingkat kematian akibat penularan dua subvarian baru ini jauh lebih rendah dibandingkan kematian akibat varian Delta dan varian Omicron. Perbandingannya sekitar 1/12 atau 1/10 dari Delta dan Omicron.

Sehingga bila mencermati perkembangan data kasus baru Covid-19 dalam seminggu terakhir ini, meski ada lonjakan kasus baru, namun kasus kematian masih tergolong kecil. Kurang dari 10 kematian per hari.

Meski begitu, masyarakat tak boleh abai dengan adanya lonjakan kasus baru Covid-19 ini. Pengalaman membuktikan saat Covid-19 mulai merebak di China pada Desember 2019, sejumlah negara tidak menganggap serius ancaman dari virus ini. Akibatnya hingga 15 Juni 2022, virus ini telah menjangkiti lebih dari 541 juta penduduk bumi, dan mengakibatkan kematian sebanyak 6,3 juta orang. Tak hanya menyerang sektor kesehatan, kehadiran virus ini juga telah membuat luluh lantak perekonomian dunia selama dua tahun terakhir ini.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus baru Covid 19, pemerintah menyarankan masyarakat untuk kembali menerapkan prokes. Pemerintah saat ini juga tengah memantau dan mengkaji, apakah akan kembali mewajibkan masyarakat untuk mengenakan masker jika ke luar rumah. Dan kembali mengintensifkan penggunaan aplikasi PeduliLindugi untuk memantau dan membatasi mobilitas penduduk.

Perkembangan kasus baru Covid masih jadi perhatian masyarakat. News RCTI+ selalu meyampaikan update terbaru mengenai kasus Covid-19. Tidak hanya di Indonesia namun di juga dalam skala global. Didukung oleh 93 publisher, News RCTI+ menjadi news aggregator di bawah naungan MNC Group yang terdepan dalam menyebarluaskan informasi terkait Covid-19.

Informasi yang disampaikan itu bukan hanya perkembangan kasus baru, namun juga berita mengenai sifat dan gejala yang ditimbulkan akibat varian baru Covid 19. Selain itu setiap hari juga ditampilkan berita mengenai tips hidup sehat, agar imunitas tetap terjaga. Asupan makanan, minuman ataupun obat-obatan herbal yang cocok dikonsumsi untuk membantu mencegah virus Covid-19 menjangkiti tubuh kita.

"News RCTI+ terus berkomitmen untuk memberitakan berbagai fenomena menarik, berdampak luas dan menjadi perhatian publik,’’ kata Co-Managing Director RCTI+, Valencia Tanoesoedibjo. Dia berharap News RCTI+ bisa menambah pengetahuan, hiburan sekaligus sumber inspirasi bagi masyarakat atas informasi penting yang disampaikan setiap hari.

Sebanyak 93 publisher menyuplai ribuan berita setiap hari ke News RCTI+ dalam berbagai isu di segala bidang. Ribuan berita tersebut ditampung dalam 14 kategori atau kanal. Yaitu, Berita Utama, Terkini, Populer, Otomotif, Travel, Ekonomi, Gaya Hidup, Muslim, Seleb, Teknologi, Olahraga, Global, Nasional, dan Infografis. News RCTI+ juga sudah menyediakan Topik Menarik untuk memudahkan pembaca mencari kumpulan berita menarik yang disukainya.

Publisher-publisher yang telah berkolaborasi dengan RCTI+ diantaranya: Okezone.com, Sindonews.com, Inews.id, Republika.com, Jawapos.com, Bisnis.com, Brilio.net, Tabloidbintang.com, Katadata.co.id, Rmol.id, rm.id, Infobanknews.com, dan Inilah.com. Selain itu ada Indozone.id, Ayojakarta.com, Pojoksatu.id, Alinea.id, Gwigwi.com, dw.com, todaykpop.com, Indosport, Skor.id, dan masih banyak lagi.

Tak hanya publisher yang home base-nya di Jakarta, News RCTI+ juga menggandeng banyak publisher berpengaruh yang markasnya di daerah. Sebut saja Radarjogja.com, Bantenhits.com, Ayosemarang.com, Ayobogor.com, Suarantb.com, Lombokpost.com, Suarasurabaya.net, Sumselupdate.com, Bukamatanews.id, Mandalapos.co.id dan masih banyak yang lain.

News menjadi satu bagian penting dari lima pilar yang ada di RCTI+. Selain news, empat pilar lainnya adalah video, audio, home of talent (HOT), dan games. Sehingga jika sudah cukup dengan informasi berita di News RCTI+, para pembaca juga bisa langsung melanjutkan petualangannya dengan menonton original series dan original movies, mendengarkan radio, bermain games hingga menonton bakat-bakat para seniman di home of talent (HOT). Banyak hiburan dan juga pengetahuan penting dan mengasyikkan tersaji sangat lengkap di RCTI+. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini