Share

Elektabilitas Partai Perindo Kian Moncer, Hendri Satrio: Konsisten Perjuangkan Aspirasi Rakyat, Makin Dicinta

Tim Okezone, Okezone · Selasa 21 Juni 2022 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 337 2615638 elektabilitas-partai-perindo-kian-moncer-hendri-satrio-konsisten-perjuangkan-aspirasi-rakyat-makin-dicinta-ZLRqTFiQg2.jpg Hendri Satrio (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Pengamat Politik sekaligus Pendiri Lembaga Survei KedaiKopi Hendri Satrio menilai elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dipastikan semakin meningkat menyaingi partai senior lainnya, menyusul konsistensi partai berlambang Burung Garuda yang mengembangkan sayap itu dalam memperjuangkan aspirasi rakyat dalam program kerjanya.

Elektabilitas Partai Perindo terus melejit menembus 3,3% berdasarkan hasil Survei Litbang Kompas. Dalam survei tersebut, Partai Perindo berhasil menyalip PPP (2,0%) dan menempel ketat PAN (3,6%).

"Selama Partai Perindo konsisten dalam memperjuangkan aspirasi rakyat dan rakyat itu. Partai Perindo pasti bisa menyaingi partai manapun, bukan hanya PAN," kata Hendri, Selasa (21/6/2022). 

Hendri mengatakan program Perindo Peduli dan Gerobak Perindo yang telah digaungkan sedari dulu dan kini semakin diketahui masyarakat luas.

"Tak kenal, maka tak sayang, dengan dikenal masyarakat makin sayang, sehingga elektabilitasnya makin moncer dan makin besar kecintaan orang kepada Partai Perindo. Kalau kemudian ada Gerobak Perindo dan Perindo Peduli tentu berpengaruh (terhadap elektabilitas)," ungkap Hendri. 

Selain itu, agar tembus ke parlemen dan semakin meningkatkan elektabilitas, Partai Perindo juga harus memiliki banyak tokoh berpengaruh yang dikenal luas oleh masyarakat.

"Sangat mungkin (lolos parlemen). Menurut saya, satu hal yang ada di Partai Perindo adalah tokoh publik yang bisa dikenal oleh publik dan masyarakat, otomatis bisa mengangkat elektabilitas Partai Perindo," tegas Hendri.

Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq menilai elektabilitas Partai Perindo yang menembus 3,3% itu menunjukkan indikator tingkat penerimaan masyarakat terhadap gagasan dan program Partai Perindo yang terus konsisten memperjuangkan kesejahteraan rakyat. 

"Tentu kami sangat senang dengan hasil ini, tapi tidak membuat kami terlena. Kami harus terus berupaya lebih masif lagi dalam memperjuangkan cita cita politik Partai Perindo. Upaya ini menjadi keharusan, karena target Partai Perindo dalam Pemilu nanti harus mencapai 8%-10%," pungkas Rofiq. 

Pencapaian ini, lanjutnya, penting, karena mewujudkan cita-cita politik memerlukan kekuatan yang signifikan di parlemen.

Survei Litbang Kompas yang merilis elektabilitas partai politik Juni 2022 itu membagi elektabilitas partai politik menjadi tiga kategori yakni partai papan atas, partai papan menengah dan bawah serta partai nonparlemen pusat.

Untuk kategori partai nonparlemen, Partai Perindo memimpin dengan elektabilitas 3,3%, disusul Hanura 1,0%, PSI 0,7%, Garuda 0,4%, Berkarya 0,1 %, dan lainnya 0,6%.

Kategori partai papan atas dipimpin PDIP dengan elektabilitas 22,8%. Lalu disusul Gerindra 12,5%, Demokrat 11,6% dan Golkar 10,3%. Tidak menjawab 16,0%. 

Sementara itu, kategori partai papan menengah dan bawah, PKB dan PKS sama-sama meraih elektabilitas 5,4%. Selanjutnya, Nasdem 4,1%, PAN 3,6% dan PPP 2,0%.

Survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 26 Mei-4 Juni 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencupilkan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Menggunakan metode ini pada tingkat kepercayaan 95%, margin error +/- 2,8% dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini