Share

Satgas Tegaskan Penanganan Wabah PMK Sama dengan Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 21 Juni 2022 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 337 2615596 satgas-tegaskan-penanganan-wabah-pmk-sama-dengan-covid-19-f8qu1rHlxj.jpg Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita (foto: dok Satgas Covid-19)

JAKARTA - Indonesia saat ini dihadapkan dengan ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di tengah pandemi Covid-19. Wabah PMK ini kembali merebak yang sebelumnya pernah terjadi dan dinyatakan Indonesia bebas PMK pada tahun 1990.

Merespon hal ini, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan pemerintah akan menerapkan nilai-nilai yang sama dengan Covid-19 untuk penanganan PMK ini.

“Untuk penanganan bencana seperti Covid-19 ataupun wabah-wabah lainnya, maka perlu adanya penerapan nilai yang sama juga dalam penanganan PMK ini,” ungkap Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (21/6/2022).

 BACA JUGA:Angka ODGJ Melonjak Hingga Dua Kali Lipat Selama Pandemi Covid-19

Wiku mengungkapkan berdasarkan data dari siaga.pmk.id, per hari ini terdapat 19 provinsi dan 208 kabupaten kota yang terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak, di mana 5 provinsi tertinggi adalah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Pemerintah, kata Wiku, telah melakukan respon cepat baik untuk kesehatan hewan dengan melakukan vaksinasi pada hewan ternak ataupun kesejahteraan masyarakat dengan menjaga distribusi hewan ternak terkendali dengan baik.

 BACA JUGA:Presiden Jokowi Minta Wabah PMK Ditangani Seperti Covid-19

Wiku mengatakan, saat ini Kementerian Pertanian, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang dipimpin langsung oleh Kemenko Perekonomian serta berbagai stakeholder lainnya melakukan kolaborasi lintas sektor dalam bersama-sama menyelesaikan wabah PMK di Indonesia ini.

“Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019, BNPB dan Satgas Covid-19 juga berkomitmen membantu penanganan wabah pada hewan ternak dengan melakukan penanganan darurat serta logistik dan peralatan, melakukan kolaborasi lintas sektor, memaksimalkan sumber daya dan melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut,” kata Wiku.

Oleh karena itu, Wiku pun mengimbau selain penerapan protokol kesehatan, seluruh masyarakat juga diminta untuk menerapkan perilaku bersih dan sehat di manapun berada.

“Termasuk saat berada di sekitar hewan ternak, apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha mendatang. Ingat tetap tenang, jangan takut dan selalu bahagia,” imbaunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini