Share

Merakyat! Survei Kompas Ungkap Elektabilitas Partai Perindo Kian Melonjak, Adi Prayitno Prediksi: Lolos ke Senayan!

Tim Okezone, Okezone · Selasa 21 Juni 2022 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 337 2615463 merakyat-survei-kompas-ungkap-elektabilitas-partai-perindo-kian-melonjak-adi-prayitno-prediksi-lolos-ke-senayan-0ybkp9aGxJ.jpg Partai Perindo. (Dok Partai Perindo)

JAKARTA - Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, menilai capaian elektabilitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang menembus 3,3% dalam survei Litbang Kompas, sejatinya bisa lebih dari jumlah persentase tersebut.

Dengan demikian, Partai Perindo memiliki peluang besar lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold/ PT) pada Pemilu 2024.

"3% dalam survei, pada level persisnya bisa lebih dari 4% hingga 5%. Praktis, itu bisa lebih dari 3%, lolos PT kalau begitu, makanya stabilitas dukungan terhadap Partai Perindo harus dirawat dan semakin digenjot," ujar Adi Prayitno, Selasa (21/6/2022).

Menurut Adi Prayitno, raihan manis Partai Perindo di survei Litbang Kompas tentu harus menjadi penyemangat bagi para kader agar selalu konsisten.

"Ini sebagai pelecut kepada kader untuk mereka bekerja secara maksimal. Tetapi, ingat jangan terlena dan berpuas diri, karena hasil survei cuma potret terkini yang petanya bisa berubah," ucapnya.

Tingkat keterpilihan Partai Perindo dalam survei yang dirilis Litbang Kompas hari ini kembali menunjukkan lonjakan dengan capaian 3,3%.

Pasalnya, pada survei Litbang Kompas sebelumnya, di Januari 2022, elektabilitas Partai Perindo pada angka 2,5%.

Elektabilitas partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu bahkan mampu berada di atas partai senior, seperti PPP yang meraih 2,0 % dan membayangi PAN 3,6%.

Adi Prayitno mengatakan survei terbaru Litbang Kompas yang menunjukkan torehan elektabilitas Partai Perindo 3,3% itu merupakan bukti bahwa berbagai program kerja yang selama ini dilakukan Partai Perindo mampu meraih hati masyarakat.

"Bahwa kerja-kerja politik (Partai Perindo) selama ini terbukti menuai hasil yang baik, terutama kegiatan sosial dan bantuan sosial. Yang tampak juga, seperti Gerobak Perindo yang mendapatkan respons positif dari masyarakat dan itu yang terjadi," kata Adi.

Pasalnya, Partai Perindo senantiasa menunjukkan perannya sebagai partai yang turun tangan dan peduli serta kerja nyata berjuang bagi kesejahteraan rakyat melalui program Gerobak Perindo dan Bantuan Modal Usaha Partai Perindo hingga memperjuangkan hak perempuan dan anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Kalau ada partai politik yang rajin turun ke masyarakat, turun ke bawah dan memberikan bantuan sosial cenderung akan dipilih masyarakat," tegas Prayitno.

Senada dengan Adi, Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq menilai elektabilitas Partai Perindo yang menembus 3,3% itu menunjukkan indikator tingkat penerimaan masyarakat terhadap gagasan dan program Partai Perindo yang terus konsisten memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

"Tentu kami sangat senang dengan hasil ini, tapi tidak membuat kami terlena. Kami harus terus berupaya lebih masif lagi dalam memperjuangkan cita cita politik Partai Perindo. Upaya ini menjadi keharusan, karena target Partai Perindo dalam Pemilu nanti harus mencapai 8%-10%," tutur Rofiq.

Pencapaian ini, lanjutnya, penting, karena mewujudkan cita-cita politik memerlukan kekuatan yang signifikan di parlemen.

Survei Litbang Kompas yang merilis elektabilitas partai politik Juni 2022 itu membagi elektabilitas partai politik menjadi tiga kategori yakni partai papan atas, partai papan menengah dan bawah serta partai nonparlemen pusat.

Untuk kategori partai nonparlemen, Partai Perindo memimpin dengan elektabilitas 3,3%, disusul Hanura 1,0%, PSI 0,7%, Garuda 0,4%, Berkarya 0,1 %, dan lainnya 0,6%.

Kategori partai papan atas dipimpin PDIP dengan elektabilitas 22,8%. Lalu disusul Gerindra 12,5%, Demokrat 11,6% dan Golkar 10,3%. Tidak menjawab 16,0%.

Sementara itu, kategori partai papan menengah dan bawah, PKB dan PKS sama-sama meraih elektabilitas 5,4%.

Selanjutnya, Nasdem 4,1%, PAN 3,6% dan PPP 2,0%.

Survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 26 Mei-4 Juni 2022.

Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencupilkan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Menggunakan metode ini pada tingkat kepercayaan 95%, margin error +/- 2,8% dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini