Share

21 Juni, Mengenang Hari Wafatnya Presiden Pertama RI Soekarno

Tim Okezone, Okezone · Selasa 21 Juni 2022 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 337 2615393 21-juni-mengenang-hari-wafatnya-presiden-pertama-ri-soekarno-bGSWlO8ceF.jpg Bung Karno/Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - 21 Juni 2022 merupakan haul atau peringatan hari meninggalnya Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno ke -52. Oleh karena itu, bulan Juni adalah bulan yang amat penting bagi Soekarno. Karena pada bulan Juni 2022, Bung Karno berusia 121 tahun, serta 52 tahun lamanya telah meninggalkan masyarakat bangsa Indonesia.

(Baca juga: Detik-Detik Jelang Tutup Usia, Soekarno: Allah)

Bung Karno tutup usia di ruang perawatan RSPAD Gatot Subroto, Minggu, 21 Juni 1970, pukul 07.07 WIB karena komplikasi ginjal, gagal jantung, sesak nafas, dan reumatik.

Sebelum dirawat di RSPAD, Bung Karno dikucilkan dan dilarang menginjakkan kaki di Jakarta. Ia tinggal di Istana Bogor, kemudian pindah ke Istana Batu Tulis.

Soekarno kemudian memohon kepada Soeharto agar diizinkan kembali ke Jakarta melalui putrinya, Rachmawati. Setelah mendapat izin, ia lalu dibawa ke Wisma Yaso dengan status tahanan dengan pengamanan yang sangat ketat.

Dalam masa akhir hayatnya, Soekarno yang jadi pesakitan sebagai tahanan politik dan hidup “terpenjara” di Wisma Yaso (kini Museum Satria Mandala, Jakarta), lalu dilarikan ke RSPAD karena kondisinya yang gawat.

Namun nyawanya tak tertolong. “Sang Penyambung Lidah Rakyat” dipanggil Sang Pencipta. Segenap rakyat yang sedianya dilarang menghadiri prosesi iring-iringan jenazah Soekarno, seolah tak menanggapi imbauan pemerintah yang kala itu sudah di bawah rezim orde baru.

Isak tangis pasang mata yang tak terhingga jumlahnya menyertai konvoi mobil jenazah Soekarno dari Wisma Yaso menuju Bandara Halim Perdanakusuma untuk kemudian, diterbangkan ke Blitar, Jawa Timur, di mana Soekarno diputuskan Presiden Soeharto, dimakamkan di samping mendiang ibunda, Ida Ayu Nyoman Rai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini