Share

Megawati Curhat di Depan Jokowi Dicemooh karena Teriak Merdeka

Riana Rizkia, MNC Portal · Selasa 21 Juni 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 337 2615368 megawati-curhat-di-depan-jokowi-dicemooh-karena-teriak-merdeka-pORY7SGPYN.jpg Megawati/Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sering merasa dicemooh karena berulang kali memekikan kata 'Merdeka'. Dia pun mengungkapkan isi hatinya di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(Baca juga: Puji Puan Maharani, Megawati: Bukan karena Anak Saya!)

Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Tahun 2021 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Mega bercerita bahwa kata Merdeka tidak hanya ia pekikan dalam acara rakernas ini.

Megawati tetap menggemakan kata tersebut dan menjelaskan bahwa kata Merdeka memiliki makna yang sangat kuat, sekaligus mengingatkan betapa besarnya perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan Indonesia.

Namun sebelum Rakernas, Megawati diundang untuk memberikan pembekalan mental kepada perwira dan prajurit TNI AL. Kata Merdeka ini, lanjut dia, juga dia gemakan dalam acara tersebut.

"Supaya bapak presiden tahu, yang masih disebut PDI Perjuangan ketika saya teriak Merdeka, media itu dan banyak orang seperti mencemoohkan saya. Sudah merdeka, kok, terus teriak merdeka. Jadi saya bilang, ya, itu maunya saya," jelas Megawati.

Namun yang lebih penting, lanjut Megawati, meskipun Indonesia telah merdeka, tetapi bukan berarti kita harus lupa bahwa kita orang merdeka dan bebas berdaulat.

"Jadi, waktu saya bilang izinkan, tentu dengan Kasal, kalau saya mengucapkan Merdeka, tolong dijawab Merdeka. Jadi, pada bingung sendiri kelihatannya. Karena, kan, bosnya Kasal. Jadi, waktu saya teriak merdeka, hanya berapa orang. Saya bilang kurang," kata Megawati sambil tertawa.

Megawati mengingatkan kata Merdekalah yang membuat Indonesia ini bebas dari belenggu penjajahan. Karena kata Merdeka itu, maka lahir para tentara.

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu menerangkan di penghujung acara, akhirnya kata Merdeka itu diteriakkan oleh para prajurit TNI AL. "Setelah saya mengucapkan terima makasih, lalu salam, begitu saya angkat tangan semua langsung, Merdeka. Merdeka, Merdeka," kata Megawati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini