Share

Ridwan Kamil Beli Lukisan 'Penantian Kang Emil' Rp10 Juta Karya Warga Sumedang

Tim Okezone, Okezone · Selasa 21 Juni 2022 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 337 2615324 ridwan-kamil-beli-lukisan-penantian-kang-emil-rp10-juta-karya-warga-sumedang-yPh4YXjhGx.jpg Ridwan Kamil beli lukisan/Foto: tangkapan layar media sosial

JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeli lukisan berjudul 'Penantian Kang Emil' yang di pamerkan di Gedung Sumedang Creative Center, Senin 20 Juni 2022.

(Baca juga: Atalia: Zara Memeluk Aa Sepanjang Perjalanan Menuju Pemakaman Sampai Tertidur)

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini membeli lukisan berukuran 70x100 meter, karya Ucok Bastian, warga Dusun Kojengkang Desa Licin Kecamatan Cimalaka, Sumedang, seharga Rp 10 juta.

Lukisan itu bergambar Ridwan Kamil, istri, dan putrinya, di pinggir Sungai Aare di Kota Bern, Swis, saat musibah tenggelamnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

"Lukisannya dibeli Pak RK, Rp 10 juta. Saya tidak patok harga, tapi Pak RK yang langsung mau beli segitu," kata Ucok, sambil berkaca-kaca, dikutip situs resmi Pemkab Sumedang, Selasa (21/6/2022).

Ucok tidak menyangka lukisan yang dibuatnya dibeli langsung oleh gubernur. Ia mengatakan, melukis gambar tersebut sebagai bentuk rasa empati terhadap Ridwan Kamil atas insiden tenggelamnya Eril.

"Saya lihat fotonya dari internet. Setelah jadi dipajang di sini (SCC), sama sekali tidak menyangka pak gubernur beli lukisan saya," ujarnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurutnya, selama puluhan tahun menjadi seniman, rata-rata lukisannya terjual seharga Rp 500 ribu. Dia pun mengaku terharu setelah lukisan 'Penantian Kang Emil' dibeli seharga Rp 10 juta. "Saya terharu, karena merasa karya saya dihargai," ucapnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan, membeli lukisan Ucok untuk disimpan menjadi salah satu koleksinya. Lukisan itu akan dipamerkan selama seminggu kedepan.

"Lukisannya bagus, menjadi kenangan kami (keluarga). Saya simpan dulu seminggu di sini untuk dipamerkan, baru kemudian dibawa untuk disimpan jadi koleksi keluarga," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini