Share

3 Tokoh Polwan Paling Populer di Indonesia, Ada yang Berpangkat Jenderal

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 21 Juni 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 337 2614967 3-tokoh-polwan-paling-populer-di-indonesia-ada-yang-berpangkat-jenderal-wyaDxf15D3.jpg Ilustrasi. (Foto: Antara)

JAKARTA - Polisi wanita (polwan) merupakan anggota Polri yang kiprah dan prestasinya tak kalah dari polisi pria. Polwan dengan sigap melakukan tugasnya dengan baik sehingga patut menjadi teladan dan inspirasi.

Berikut adalah tokoh polwan yang populer di Indonesia sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

1. Mariana Saanin Mufti

6 siswa Polwan pertama Indonesia.

Mariana Saanin Mufti adalah salah satu perintis polwan yang memiliki jasa besar. Bersama dengan Nelly Pauna Situmorang, Djasmainar Husein, Dahniar Sukotjo, Rosmalina Pramono, dan Rosnalia Taher, mereka mendirikan sekolah polisi untuk wanita di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 1 September 1948.

Keenam gadis asli Bukittinggi itu menyadari bahwa polwan sangat dibutuhkan untuk menangani kejahatan yang melibatkan korban dan pelaku wanita. Mariana dan kawan-kawannya merintis sekolah polwan usai melalui tahap seleksi untuk masuk ke Pendidikan Inspektur Polisi, yang kini dikenal dengan nama Sepolwan (Sekolah Polisi Wanita).

2. Jeanne Mandagi


Sosok Jeanne Mandagi patut dijadikan suri teladan bagi seluruh perempuan Indonesia, tidak hanya bagi para polwan. Ia merupakan Jenderal Polisi wanita pertama yang berada di tubuh Polri. Perempuan kelahiran Manado, 2 April 1937 itu diangkat menjadi polwan pada 1 Desember 1965. Sebelumnya, ia menempuh pendidikan hukum di Universitas Indonesia (UI).

Tak butuh waktu lama bagi Jeanne untuk bersinar di dunia kepolisian. Setahun bertugas, Jeanne langsung diamanahi jabatan Kasi Hukum Polda Maluku. Tiga tahun berselang, ia dipindahkan ke Jakarta dan diberikan tugas sebagai Kepala Seksi Pembinaan Anak-anak, Pemuda, dan Wanita atau Kasi Binapta Polda Metro Jaya. Ia juga didapuk menjadi Hakim Mahkamah Militer untuk wilayah Jakarta dan Banten. Pada tahun 1991, Jeanne diangkat sebagai perwira tinggi, yakni Brigadir Jenderal dan memiliki 1 bintang di pundak.

Juansih


Juansih adalah seorang polwan dengan karier cemerlang. Bukan hanya dalam pekerjaan, namun juga pendidikan. Sosok berpangkat Brigjen ini menjadi polwan dengan predikat doktor pertama yang dimiliki Polri. Ia menamatkan pendidikan S3 di Universitas Airlangga dengan jurusan sumber daya manusia pada tahun 2015.

Sebelum melangkah ke jenjang doktoral, Juansih terlebih dahulu meraih gelar magisternya di Universitas Gadjah Mada dengan bidang studi ilmu hukum bisnis. Kini, ia menjabat sebagai Karojianbang Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini