Share

Kepala BNPT Sebut Paham Radikalisme Mudah Menyebar Bak Virus Covid-19

Bachtiar Rojab, MNC Media · Senin 20 Juni 2022 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 337 2614746 kepala-bnpt-sebut-paham-radikalisme-mudah-menyebar-bak-virus-covid-19-M8qfFyUkjv.jpeg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT), Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Boy Rafli Amar mengklaim, menyebarnya paham radikalisme yang mengarah menuju paham terorisme mudah menyebar, bak penularan virus Covid-19.

Boy mengungkap, penyebaran paham radikalisme berangsur sangat cepat di dua tahun terakhir. Sehingga, tak heran banyak kalangan masyarakat yang telah terpapar.

"Virus intoleransi, radikalisme, seperti bagaimana virus corona itu bisa pernah selama dua tahun ini menghinggap kepada kalangan masyarakat kita," ujar Boy dalam jumpa pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2022).

Lebih lanjut, Boy menuturkan, paham radikalisme datang dari pihak eksternal. Hal itu, kata Boy, bertujuan untuk memecah belah bangsa, sehingga dapat mempengaruhi masyarakat melalukan berbagai tindakan ekstrem dan kekerasan.

"Tentu ini adalah sebuah kondisi yang sangat tidak menguntungkan, tentu suatu kondisi yang sangat merugikan anak bangsa kita, apalagi kita melihat juga karena propaganda melalui sosial media," ungkapnya.

Bahkan, ucap Boy, para kelompok tersebut secara terang-terangan menyebarkan paham radikal, khilafah, serta bertentangan dengan ideologi Pancasila dengan menggunakan konten di media sosial.

"Mereka yang dulu bergerak senyap sekarang justru memanfaatkan kemajuan teknologi untuk secara gamblang melakukan propaganda nilai atau ideologi, perekrutan, hingga penggalangan dana," ungkapnya.

Seperti diketahui, Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT), Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Boy Rafli Amar mencatat, terdapat 650 konten propaganda yang mengandung pesan anti NKRI. Sehingga, pihaknya terus memberlakukan Patroli Siber guna menekan angka tindakan intoleran.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini