Share

PKB Merapat Ke Gerindra, Ini Reaksi PKS

Carlos Roy Fajarta, · Senin 20 Juni 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 337 2614582 pkb-merapat-ke-gerindra-ini-reaksi-pks-ikeGx8WU4T.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menentukan arah koalisi dengan partai politik lainnya berdasarkan keputusan musyawarah majelis syuro.

(Baca juga: Salaman dengan Prabowo, Cak Imin: Demi Kebangkitan Indonesia Raya)

Hal ini menanggapi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merupakan mitra dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Koalisi Semut Merah (KSM) mulai mendekati Partai Gerindra. PKB disebut-sebut mengajak PKS ikut berkoalisi dengan Gerindra.

"Banyak silaturahim dan pertemuan antara partai belakangan ini menurut saya bagian dari respon setiap partai terhadap dinamika politik yang terus berkembang menuju 2024," ujar Ketua DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi, dikutip Senin, (20/6/2022).

Menurutnya, pertemuan antara partai politik dimaksudkan untuk mencari kesepahaman dalam menuju Pilpres 2024 dan dianggap sah-sah saja.

"Sebagaimana PKS dengan PKB, pertemuan Gerindra dengan PKB menurut saya juga bagian dari penjajakan menuju 2024 serta upaya membangun kesepahaman terhadap problem-problem kebangsaan yang ada," kata Nabil Ahmad Fauzi.

Oleh karena itu, wajar setiap partai politik saling bersilahturahmi di masa penjajakan sebelum resmi menyatakan koalisi dengan Capres yang akan didukung.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

"Jadi ya wajar-wajar saja lah. Pasca Rapimnas PKS pekan depan, kami juga siap berlari menuju 2024, termasuk dengan mengintensifkan komunikasi politik dengan parpol-parpol yang ada," terang Nabil Ahmad Fauzi.

Terkait keputusan kemana nanti PKS akan melabuhkan koalisinya, Nabil Ahmad Fauzi menjelaskan hal tersebut akan diputuskan oleh Musyawarah Majelis Syuro PKS.

"Dinamika ini tentu akan jadi bahasan di Rapimnas nanti. Kalau untuk finalnya PKS bergabung dengan koalisi mana, tentu akan ditentukan oleh keputusan Musyawarah Majelis Syuro PKS," pungkas Nabil Ahmad Fauzi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini