Share

Reshuffle Kabinet, Perindo: Wajar Jokowi Evaluasi Kinerja Menterinya

Dimas Choirul, MNC Media · Sabtu 18 Juni 2022 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 337 2613828 reshuffle-kabinet-perindo-wajar-jokowi-evaluasi-kinerja-menterinya-LT4XwspX7N.jpg Tama S Langkun/Foto: MNC Portal

JAKARTA - Reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi merupakan langkah yang logis. Pasalnya, ada beberapa pertimbangan yang harus diberbaiki terkait kinerja menteri.

 (Baca juga: Terungkap! Ini Isi Obrolan Jokowi dan Prabowo di Istana Kemarin)

"Saya menilai ini sesuatu hal bayangan saya logis yang logis. Karena soal pergantian atau resufle ini kan bukan cuma sekali ya," kata Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Tama S Langkun dalam diskusi MNC Trijaya FM bertajuk 'Polemik Dramaturgi Reshuffle' secara daring, Sabtu (18/6/2022).

Lebih lanjut, Tama mengatakan, salah satu Kementerian Perdagangan yang direshuffle misalnya, ketika ada kasus korupsi disitu, sangat wajar apabila Presiden Jokowi melakukan evaluasi kinerja. Sebab hal tersebut berdampak pada kebutuhan pokok masyarakat.

"Memang sudah suatu hal yang biasa dilakukan untuk memastikan bagaimana kemudian program-program Pak Jokowi yang kemudian sudah dicanangkan diawal, kemudian bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi melakukan reshuffle kabinet pada Rabu (15/6/2022). Menteri yang terkena reshuffle adalah Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Dia digantikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Kemudian Menteri Agraria dan Tata Ruang (ART) Sofyan Djalil digantikan mantan Panglima TNI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Untuk posisi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) diduduki Raja Juli Antoni (Sekretaris Dewan Pembina PSI) menggantikan Surya Tjandra yang sesama kader PSI.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang saat ini dijabat John Wempi Wetipo dirotasi menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Kemudian Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor ditunjuk menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Reshuffle ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 64B tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Selain itu juga Surat Keputusan Presiden Nomor 24M Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini