Share

Ganjar Masuk Bursa Capres Nasdem, PDIP: Partai Politik Bukan Klub Sepak Bola

Muhammad Farhan, MNC Portal · Sabtu 18 Juni 2022 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 337 2613671 ganjar-masuk-bursa-capres-nasdem-pdip-partai-politik-bukan-klub-sepak-bola-TXYuCnsEUL.jpg Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menanggapi nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang masuk bursa calon presiden (capres) Partai Nasdem. Ganjar ikut masuk bursa pencapresan Nasdem bersamaan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa.

Hasto menjelaskan, posisi Ganjar yang tetap tegak lurus dengan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, menjadi jawaban tegas. Untuk itu, ia menilai terkait capres dan cawapres dari PDIP hanya diputuskan oleh Megawati. 

"Karena partai politik bukan klub sepak bola. Bagi PDI Perjuangan, berpolitik itu membangun organisasi kepartaian," ujar Hasto saat ditemui wartawan selepas acara Rapat Koordinasi Nasional PDI-Perjuangan Kepala/Wakil Kepala Daerah se-Indonesia di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Jumat (17/6/2022).

Menurut Hasto, fungsi kepartaian dalam tubuh PDIP sudah sesuai dengan undang-undang yakni kaderisasi kepemimpinan. Maka dari itu, ia menegaskan kaderisasi pemimpin tetap menjadi tugas utama kepartaian.

"Kaderisasi kepemimpinan partai itu merupakan fungsi yang sistemik, yang seharusnya dilakukan oleh partai. Maka hal tersebut yang seharusnya dilakukan oleh partai politik. Maka, kesadaran sebagai kader partai yang telah dilakukan oleh Pak Ganjar itu adalah satu jawaban yang sangat tegas," tutur Hasto.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Di sisi lain, Ganjar Pranowo juga menegaskan sikapnya terkait pemilu presiden 2024 mendatang. Ganjar menjelaskan dirinya beserta kader PDIP lainnya siap tegak lurus dengan arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

"Semua tegak lurus pada keputusan dan itulah yang sudah menjadi keputusan kongres itu prerogatif penuh (milik) ibu ketua umum," ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, sikap tegak lurus ini tidak dikecualikan pada kader manapun. Ia menilai tujuan dari sikap bersama para kader partai Banteng tersebut guna memenangkan Pemilu 2024.

"Harus tegak lurus dengan ketum semua, tidak terkecuali dan itulah kekuatan yang tadi disimpulkan dalam rapat. Muaranya adalah rapat barisan untuk memenangkan Pemilu 2024," tutur Ganjar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini