Share

Mahfud MD Ingin Pj Kepala Daerah Jaga Sinkronisasi dengan Pemerintah Pusat

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 16 Juni 2022 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 337 2612513 mahfud-md-ingin-pj-kepala-daerah-jaga-sinkronisasi-dengan-pemerintah-pusat-yyEUaN1fl3.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (MNC Portal/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan pihaknya siap membuktikan para penjabat (Pj) kepala daerah dapat membawa pemerintah lebih baik.

Hal tersebut disampaikan usai memberikan sambutan dalam kegiatan rapat koordinasi dengan Pj kepala daerah yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

"Kita sebenarnya sudah melaksanakan proses yang berlaku yang ada di dalam UU. Sebenarnya ini sudah terbuka juga," ujar Mahfud MD.

Ia menyebutkan, nantinya kehadiran para Pj kepala daerah tersebut dapat menjadi agen sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat dengan daerah.

"Kita membekali mereka agar tampil sebagai pelayan masyarakat yang menjaga kebijakan pemerintah pusat agar sinkronisasi," katanya.

Mahfud MD mengaku siap membuktikan berbagai kritik dari para pegiat pakar hukum dan pemerintahan yang berperang opini di media sosial dengan dirinya terkait penjabat.

"Kita harus membuktikan pesimis masyarakat itu tidak selalu benar," ucapnya.

Ia memberikan contoh terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang dilaksanakan saat Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19.

"Dulu kita pernah membuktikan ketika melaksanakan Pilkada Serentak 2020, semuanya bilang itu akan membahayakan masyarakat karena Covid-19. Ternyata di seluruh wilayah yang ada Pilkada, kasusnya sangat kecil dibandingkan dengan yang tidak ada Pilkada," tuturnya.

Dengan keberadaan para Pj kepala daerah tersebut, ia meyakini sistem pemerintahan dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah bisa lebih baik demi membangun Indonesia dan kesejahteraan masyarakat.

"Sekarang kita buktikan para penjabat-penjabat yang diangkat ini apakah bisa membuat lebih baik, sama saja, atau lebih jelek. Kita nanti buktikan apa yang akan terjadi. Kita sudah membekali agar mereka menjadi lebih baik, menjaga stabilitas politik daerah, pembangunan ekonomi, kohesivitas sosial dan sebagainya," ujar Mahfud MD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini