Share

6 Kebaikan Eril Semasa Hidupnya, Belikan Baju Lebaran Anak Yatim hingga Murah Senyum

Qur'anul Hidayat, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 337 2612177 6-kebaikan-eril-semasa-hidupnya-belikan-baju-lebaran-anak-yatim-hingga-murah-senyum-MrPzTmWC56.jpg Pemakaman Eril di Bandung. (Foto: Antara)

JAKARTA - Kepergian Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) menyisakan duka mendalam, tidak hanya bagi Ridwan Kamil dan keluarganya, tapi juga masyarakat di Tanah Air. Ribuan orang mengantarkan jenazahnya saat pemakaman di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung pada Senin 13 Juni 2022.

Sejak kejadian hilangnya Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss hingga ditemukan dan dimakamkan, banyak kebaikan putra sulung Gubernur Jawa Barat itu yang terungkap. Ungkapan kebaikan itu baik yang disampaikan Ridwan Kamil, maupun dari teman-temannya.

 Baca juga: Momen Haru Keluarga Sambut Jenazah Eril di Bandara Soetta, Ridwan Kamil Peluk Erat Istri dan Putrinya

Berikut sejumlah kebaikan Eril semasa hidupnya:

1. Kegiatan Sosial

Ridwan Kamil mengungkapkan lewat akun Instagram-nya bahwa Eril mendirikan dan aktif di organisasi Jabar Bergerak Zilennial.

Dalam sebuah video, Eril mengajak anak muda untuk selalu memberi dampak dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Salah satunya melalui sebuah organisasi anak-anak muda di bidang kemanusiaan yang ia dirikan, Jabar Bergerak Zilennial. @jaberzillenial," tulis Ridwan Kamil.

2. Gerakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT)

Tak hanya itu, Eril juga ternyata aktif di organisasi Society of Reneweble Energy (SRE). Organisasi tersebut fokus dalam optimalisasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Akun Instagram organisasi ini ikut mengunggah video berbagai kegiatan yang diikuti Eril di SRE. Salah satunya terkait dengan membuat panel listrik tenaga surya.

"Kami ingin mengoptimalkan potensi EBT di Indonesia," ucap Eril dalam video tersebut.

3. Membeli Baju Lebaran Anak Yatim

Ridwan Kamil sempat mengunggah untaian kata berisi perasaan dan kesaksiannya tentang kiprah Eril semasa hidupnya.

Salah satu kebaikan Eril yang diungkap Ridwan Kamil adalah membelikan baju lebaran untuk anak-anak yatim piatu.

4. Memberi THR Satpam

Tak hanya itu, Eril juga pernah memberikan THR dari uang pribadinya untuk satpam.

"Mungkinkah ini karena kebaikanmu membelikan baju lebaran kepa anak-anak yatim itu. Atau karena kebaikanmu ngasih thr dari uangmu sendiri ke satpam-satpam itu ril?" tulis Ridwan Kamil.

5. Mandiri dan Menebar Senyum

Selain itu, Ridwan Kamil juga menuliskan bahwa Eril adalah sosok yang mandiri. Terutama saat harus bekerja sambilan untuk mencukupi kebutuhannya.

"Mungkinkah ini pahala kesabaranmu, saat tidak semua maumu kami berikan walau kami mampu, sehingga kamu harus bekerja sambilan sambil kuliah Ril?" tulis Ridwan Kamil

"Mungkinkah ini balasan dari doa-doa malammu dan akhlak muliamu yang selalu menebar senyum penuh radiasi bahagia itu Ril?" lanjtunya.

6. Sedekah dan Melindungi Orang Lain

Ridwan Kamil juga menuliskan bahwa Eril rela hujan-hujanan memimpin anak muda membagikan sedekah ke panti asuhan dan warga miskin.

Selain itu, dia juga tak berat untuk melindungi orang lain. Bahkan hal ini dilakukannya di detik-detik sebelum hanyut di Sungai Aare. Diketahui, Eril memilih lebih dulu menyelamatkan adiknya.

"Mungkinkah ini buah dari saat kamu hujan-hujan memimpin anak-anak muda membagikan sedekah kepada panti asuhan dan duafa-duafa tua itu Ril?

Mungkinkah ini berkah dari kebaikanmu selalu melindungi sesama manusia di sekelilingmu Ril? Bahkan di saat kejadian itu, kamu selamatkan ibumu dengan melarangnya masuk ke sungai dan kamu relakan pelampung itu untuk adikmu," tulis Ridwan Kamil.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini