Share

Melihat Perjalanan Reshuffle Kabinet Era Jokowi-Ma'ruf, Pernah Merombak 6 Menteri

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Rabu 15 Juni 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 337 2611843 melihat-perjalanan-reshuffle-kabinet-era-jokowi-ma-ruf-pernah-merombak-6-menteri-fooqyu73aj.jpg Presiden Jokowi/ Foto: Biro Setpres

JAKARTA - Jajaran menteri di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dikabarkan akan mengalami perombakan. Selama keduanya memimpin, reshuffle menteri pernah dilakukan sekali. Berikut informasi lengkapnya.

Selasa, 22 Desember 2020, Presiden Jokowi mengumumkan adanya pergantian komposisi 6 menteri di tubuh kabinetnya. Adapun Menteri yang mengalami pergantian adalah Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, digantikan oleh Sandiaga Salahudin Uno.

Sementara itu, Menteri Sosial, Juliari Batubara dicopot lantaran terjerat kasus korupsi bantuan sosial. Ia digantikan oleh mantan Walikota Surabaya, Tri Risma Maharini.

Pada Kementerian Kesehatan, posisi menteri yang semula dijabat oleh Terawan Agus Putranto, digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin. Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut naik menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP yang tersandung kasus korupsi digantikan oleh Wahyu Sakti Terenggono. Terakhir, Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan digantikan posisinya oleh Muhammad Lutfi.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Kabar terbaru, reshuffle menteri diisukan akan kembali terjadi pada 15 Juni 2022. Sejumlah menteri yang menduduki kabinet Indonesia Maju sudah menemui Presiden Jokowi di Istana Negara.

Beberapa menteri tersebut adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Muhammad Lutfi selaku Menteri Perdagangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini