Share

Zulhas Dikabarkan Isi Kursi Menteri Perdagangan Gantikan M Lutfi

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 15 Juni 2022 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 337 2611709 zulhas-dikabarkan-isi-kursi-menteri-perdagangan-gantikan-m-lutfi-VjwqngNMaj.jpg Zulkifli Hasan (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zukifli Hasan menjadi salah satu nama yang dikabarkan masuk Kabinet Jokowi. Zulkifli Hasan dikabarkan akan mengisi kursi Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa 14 Juni 2022 kemarin diketahui memanggil sejumlah menteri dan tokoh partai politik. Salah satunya yakni Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan diundang ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

BACA JUGA:Zulhas dan Hadi Tjahjanto Dikabarkan Masuk Kabinet Jokowi 

Profil Zulhas diketahui sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 2014-2019.

Zulhas di era kepemimpinan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah menjabat Menteri Kehutanan pada 2009-2014. Sebelumnya Zukifli Hasan juga merupakan anggota DPR sejak 2004. Ia memiliki konstituen dengan Daerah pemilihan Lampung I.

Di internal partai, Zukifli Hasan pernah menjabat sebagai Sekjen pada 2005-2010. Ia mulai menjadi Ketua Umum PAN sejak 2015 hingga saat ini. Dirinya saat itu menggantikan Hatta Rajasa yang kalah dalam Pilpres 2024 saat berpasangan dengan Prabowo Subianto.

BACA JUGA:Santer Isu Reshuffle Kabinet, PAN: Kami Prioritaskan Zulhas 

Lahir pada 31 Agustus 1962 lalu di Penengahan, Lampung Selatan, Lampung. Menikah dengan istrinya Soraya, Zulkifli Hasan dikaruniai empat orang anak yakni Futri Zulya Savitri, Zita Anjani, Ray Zulham Farras Nugraha, dan M. Rafi Haikal.

Zulhas diketahui menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun 1982. Ia kemudian melanjutkan dengan program sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1996.

Follow Berita Okezone di Google News

Zulhas juga diketahui mengambil program pasca sarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada tahun 2003.

Selama memimpin jabatan publik, Zulhas pernah mendapatkan cukup banyak penghargaan di antaranya yakni Penghargaan Kadarman Award dari Strategic Change Leaders (2007), Gelar kebangsawanan, Kanjeng Pangeran Noto Wononagoro dari Keraton Solo (2010), Gelar Adat, Adok Pangeran Cagar Buana dari Majelis Penyeimbang Adat Lampung (2011).

Kemudian, adapula penghargaan dari Kementerian Lingkungan dan Energi Negara Bagian Hessen atas kerjasama kehutanan Indonesia dan Jerman (2012), Penghargaan Bintang Jasa Mahaputra Adipradana (2014), Penghargaan Lifetime Achievement Indonesia Green Award (IGA) dari The La Tofi School of CSR (2014).

Di masa akhirnya sebagai Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan juga mendapat penghargaan dari Kalpataru Perintis Lingkungan dari Kumpulan Bonjol Nagari Koto Kaciak, Pasaman, Sumatra Barat, pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 di Jakarta dan Bhumandala Award dari Badan Informasi Geospasial (2014).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini