Share

Pelat Nomor Putih Mulai Diterapkan Bulan Ini

Tim Okezone, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 337 2611411 pelat-nomor-putih-mulai-diterapkan-bulan-ini-wsSBBp1JyT.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Santhyabudi mengatakan, mulai bulan ini, pelat nomor putih bagi kendaraan pribadi akan diterapkan secara bertahap.

"Insya Allah tahun ini, jadi bulan Juni ini sudah naik lelang kita akan terapkan mulai tahun ini," ujar Firman dalam keterangannya, Senin (13/6/2022).

Lebih lanjut, Firman menuturkan, nantinya, kendaraan yang sudah habis masa pelatnya selama lima tahun tidak akan diperpanjang. Namun, akan dikenakan biaya denda seperti biasa dan langsung berganti warna pelat menjadi putih.

"Hanya dikenakan wajib bagi kendaraan baru dan yang habis masa lima tahun kemarin. Jadi tidak ada membebani masyarakat yang plat hitam harus jadi putih, karena ada biaya disitu," terangnya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Jadi dengan dasar warna terang dengan huruf warna gelap itu lebih menonjol. Di beberapa negara sudah menerapkan. Kita sudah ada waktu itu CD dan angkutan umum. Tingkat akurasi nya lebih tinggi," ucap Firman menambahkan.

 BACA JUGA:Mulai Tahun Ini, Kendaraan Bermotor Keluaran Baru Akan Diberlakukan Pelat Nomor Putih

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini