Share

Daftar Negara dan Teritori yang Nihil Kasus Covid-19

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 12 Juni 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 11 337 2609803 daftar-negara-dan-teritori-yang-nihil-kasus-covid-19-pE5oPe7TlJ.jpeg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone.com)

PENYEBARAN virus corona varian Delta dan Omicron telah membuat kasus Covid-19 di seluruh dunia mencapai lebih dari 270 juta kasus, dan menyebabkan lebih dari 5 juta kematian.

Meskipun demikian, ada beberapa negara yang berhasil mencegah hal ini dan melaporkan nol kasus sejak 2020. Menurut World Health Organization (WHO), negara yang tidak melaporkan kasus Covid-19 sejak awal, berada di wilayah Samudra Pasifik dan Atlantik.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa kasus yang tidak terdeteksi. Data yang akurat mengenai kesehatan di negara-negara tersebut sulit didapatkan karena fasilitas kesehatan yang langka. The Associated Press mencatat dua negara khususnya, Korea Utara dan Turkmenistan yang menarik diri dari komunitas internasional sehingga sulit mendapatkan keakuratan data kesehatan dari negara tersebut.

Mengutip dari laman WHO, hingga 8 Juni, berikut negara dan teritori yang melaporkan nol kasus Covid-19.

Baca juga:  Ada Hotel 'Khusus' bagi Jamaah Haji RI yang Positif Covid-19

1. Turkmenistan

Negara yang terletak di Asia Tengah, Turkmenistan, berhasil menangkal pandemi Covid-19. Sementara itu, di saat bersamaan, negara di Asia lainnya kewalahan dengan kasus Covid-19. Namun, Turkmenistan belum secara resmi melaporkan kasus Covid-19 di sana. Menurut laporan The Associated Press, pemerintah Turkmenistan telah membuat kebijakan untuk membatasi acara keagamaan massal, menjaga jarak, dan wajib menggunakan masker serta melarang perjalanan komersial.

2. Tokelau

Tokelau merupakan wilayah Selandia baru di Samudera Pasifik Selatan, yang terdiri dari atol koral tropis. Mengutip dari tokelau.org.nz, Tokelau adalah teritori yang tidak memiliki pemerintahan sendiri dan telah dikelola oleh Selandia Baru sejak tahun 1926. WHO menyebutkan bahwa Tokelau terdaftar sebagai wilayah yang bebas Covid-19. Hal ini dikarenakan Tokelau tidak memiliki bandara dan hanya dapat diakses dengan kapal. Penduduk di wilayah ini hanya mencapai 1,500 jiwa.

3. Pitcairn Island

Pitcairn Island terdiri dari empat pulau vulkanik, yaitu Handerson, Oeno, Pitcairn, dan Ducie yang terletak di Samudera Pasifik. Wilayah yang termasuk dalam Britania Raya ini tercatat sebagai wilayah yang paling sedikit penduduknya di dunia. Pulau Pitcairn merupakan pulau pertama yang berpenghuni. Orang-orang yang datang ke pulau ini merupakan orang Polinesia, terutama keturunan Tahiti dan yang terkenal memberontak dari British HMS Bounty. Mereka tiba di Pitcairn pada tahun 1790. Dengan populasi hanya mencapai 50 orang, wilayah ini berhasil menjauh dari virus Covid-19.

Diolah dari berbagai sumber:

Septi Kurnia-Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini