Share

Bangun 30 Pusat Persemaian dalam 3 Tahun, Jokowi: Bisa Hasilkan 360 Juta Bibit

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Jum'at 10 Juni 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 337 2609247 bangun-30-pusat-persemaian-dalam-3-tahun-jokowi-bisa-hasilkan-360-juta-bibit-68tHJHIN8D.jpg Jokowi (Foto: BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan akan membangun 30 pusat persemaian dalam tiga tahun kedepan. Ditargetkan dari 30 pusat persemaian tersebut akan menghasilkan 360 juta bibit.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi saat pada Peresmian Persemaian Rumpin, Peluncuran Rehabilitasi Mangrove, dan World Mangrove Center di Persemaian Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat (10/6/2022).

"Target kita dalam 3 tahun kedepan ada kurang lebih 30 pusat persemaian atau nurseri yang kita lihat di Rumpin ini dengan produksi setahun sampai dengan 10 sampai 12 juta," ujar

“Kalau kita memiliki 30 _nursery,_ pusat persemaian dalam jumlah 30 sudah setahun menghasilkan kira-kira 360 juta bibit atau benih. Kalau benihnya ada, kalau bibitnya ada, mau tidak mau barang ini harus kita tanam. Jadi bukan berapa hektare yang akan kita kerjakan, tapi berapa produksi bibit yang bisa kita produksi,” tambahnya.

Baca juga: Jokowi: Abah Dim Jadi Teladan Kita Semua

Presiden Jokowi mengatakan, produksi bibit tersebut nantinya akan dikirimkan ke kabupaten/kota di Tanah Air untuk ditanam di lahan kritis, daerah dengan potensi longsor tinggi, dan bagian hulu daerah aliran sungai (DAS). Langkah konkret untuk merehabilitasi lingkungan ini, menurut Presiden, sudah mulai dilakukan di sejumlah lokasi seperti Sungai Ciliwung.

Baca juga: Jenazah Eril Ditemukan, Jokowi: Alhamdulillah

“Ini tadi disampaikan sudah dikirim ke beberapa kabupaten dan kota yang lahannya banyak lahan kritis. Inilah proses merehabilitasi lingkungan kita, memperbaiki lingkungan kita dengan sebuah aksi-aksi yang jelas dan konkret, dan bisa dihitung,” lanjutnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Lebih lanjut, Presiden menuturkan bahwa persemaian Rumpin merupakan bentuk kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan perusahaan besar di Tanah Air. Selain itu, Presiden juga berterima kasih kepada Bank Dunia dan Pemerintah Jerman yang turut mendukung terwujudnya pusat persemaian dengan tata kelola manajemen yang rapi.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Dunia, pada Pemerintah Jerman, kepada perusahaan-perusahaan besar di negara kita. Seperti yang kita lihat ini adalah kerja sama antara Kementerian Kehutanan, Kementerian PU, dan April Group yang hasilnya bisa kita lihat sebuah persemaian yang kelihatan tertata manajemennya,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga melepaskan bibit hasil produksi Persemaian Rumpin untuk didistribusikan ke sejumlah daerah di Indonesia. Terdapat empat jenis bibit yang dilepas oleh Presiden yaitu bibit manglid, sengon, salam, dan sirsak.

Baca juga: Bersyukur Jenazah Eril Ditemukan, Jokowi Perintahkan Kemenlu dan Dubes Bantu Kepulangan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini