Share

Capaian KPK Sepanjang 2022, Berhasil Kembalikan Aset Hasil Korupsi ke Negara Rp250 Miliar

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 10 Juni 2022 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 337 2609047 capaian-kpk-sepanjang-2022-berhasil-kembalikan-aset-hasil-korupsi-ke-negara-rp250-miliar-8MTBdrIB4a.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil mengembalikan aset hasil tindak pidana korupsi (tipikor) ke negara sebesar Rp 250,6 miliar meningkat 157 persen pada periode yang sama.

Dalam tayangan video yang diterima redaksi,  ada kenaikan cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. 

(Baca juga: KPK Usut Kasus Baru terkait Dugaan Korupsi Penyaluran Fiktif Dana UMKM)

"Angka tersebut naik 157% dibanding periode yang sama pada tahun 2021, yang mencapai Rp71,134 miliar," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Jumat (10/6/2022).

Ali menjelaskan, peningkatan pengembalian aset hasil tindak pidana korupsi ke negara tersebut sejalan dengan salah satu strategi penindakan KPK. Kata Ali, strategi penindakan KPK saat ini bukan hanya untuk memberikan efek jera kepada pelaku korupsi, tapi juga mengoptimalkan pengembalian keuangan negara.

"Dengan begitu, asset recovery KPK menyokong penerimaan kas negara untuk pembiayaan pembangunan nasional," beber Ali.

Lebih lanjut, dibeberkan Ali, terdapat tiga strategi pendekatan yang dilakukan KPK dalam beberapa waktu belakangan ini. 

Trisula strategi pemberantasan korupsi tersebut yakni melalui pendekatan upaya edukasi dan peran serta masyarakat, perbaikan sistem tata kelola, serta penegakkan hukum tidak pidana korupsi.

"Tiga pendekatan pemberantasan korupsi itu diharapkan memberikan dampak yang konkret, untuk menumbuhkan kesadaran dan budaya antikorupsi di masyarakat, menutup celah-celah rawan korupsi dalam sistem tata kelola, serta efek jera bagi para pelaku dan pemulihan kerugian keuangan negara melalui penanganan perkara korupsi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini