Share

3 Pemimpin Dunia yang Dekat dengan Soeharto, Termasuk Mahathir Mohamad

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 10 Juni 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 337 2608704 3-pemimpin-dunia-yang-dekat-dengan-soeharto-termasuk-mahathir-mohamad-uEqU126Jth.jpg Soeharto (AFP)

SOEHARTO merupakan Presiden ke-2 Indonesia dan menjadi presiden yang paling lama menjabat. Soeharto menjadi presiden pada tahun 1967 hingga 1998 atau lebih dari tiga dasawarsa.

Selama memimpin, ada beberapa tokoh-tokoh penting atau pemimpin dunia yang memiliki kedekatan khusus dengan Soeharto. Berikut 3 pemimpin dunia yang dekat dengan Soeharto, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022) :

Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad adalah Perdana Menteri Malaysia yang menjabat dari 1981 sampai 2003 dan 2018 hingga 2020. Pria kelahiran Alor Setar, 10 Juli 1925 ini sebelumnya menempati posisi sebagai Wakil Perdana Menteri Malaysia yang bertugas pada 1976-1981. Sama-sama menjadi tokoh yang memimpin negaranya di waktu bersamaan, Mahathir dan Soeharto menjadi teman akrab.

Melansir Reuters, Mahathir tak hanya menganggap Soeharto sebagai pemimpin negara sahabat, tapi juga teman dekatnya secara pribadi. Ia menyatakan Malaysia memiliki utang budi kepada Soeharto lantaran Soeharto berperan dalam mengakhiri konfrontasi Indonesia dan Malaysia.

Paul Keating

Perdana Menteri Australia periode 1991-1996, Paul Keating, juga memiliki ikatan persahabatan erat dengan Soeharto. Kedekatan keduanya sudah terjalin sejak masa awal kepemimpinan Keating.

Saking dekatnya, banyak pihak yang menyebut Soeharto dan Keating layaknya sepasang bapak dan anak. Pada 1990-an tersebut, publik Australia tengah menyorot tajam model pemerintahan Soeharto (Orde Baru) yang dinilai sangat otoriter. Kontras dengan hal tersebut, Keating justru mendekatkan diri dengan Presiden Indonesia ke-2 itu dan memiliki kedekatan personal.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

Kedekatan personal itu membawa angin segar bagi hubungan Indonesia dan Australia. Kedua negara ini berhasil menandatangani Perjanjian Kerja Sama Keamanan di tahun 1995. Melansir The Conversation, perjanjian ini sangat efektif bagi Indonesia karena digunakan untuk mempromosikan keamanan serta stabilitas regional.

Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew adalah Perdana Menteri pertama yang dimiliki Singapura dan bertugas pada periode 1959-1990. Lee juga salah satu pemimpin dunia yang bersahabat dekat dengan Soeharto.

Kedua pemimpin ini memiliki gaya kepemimpinan yang serupa dan termasuk giat melakukan pembangunan di negara masing-masing, meskipun harus menyingkirkan isu demokrasi. Bahkan, Soeharto dan Lee Kuan Yew juga disebut sebagai Bapak Pembangunan di negaranya masing-masing.

Lee kerap melempar pujian kepada Soeharto dan mengatakan bahwa Pak Harto adalah orang yang sangat konsisten menepati janji. (diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini