Share

Pendidikan dan Pelatihan Komcad Matra Laut Digelar, KSAL: 2 Bulan Lagi Dilantik

Riezky Maulana, iNews · Kamis 09 Juni 2022 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 337 2608237 pendidikan-dan-pelatihan-komcad-matra-laut-digelar-ksal-2-bulan-lagi-dilantik-DqsUbOracY.jpg KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut pendidikan dan pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) dari Matra Laut akan selesai dalam dua bulan lagi. Di mana, pelatihan mulai berlangsung sejak satu bulan lalu atau Mei 2022.

Yudo mengatakan, para peserta Komcad Matra Laut menjalani pelatihan dan pendidikan di di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Surabaya, Jawa Timur.

"Komcad sedang berjalan di Komando Pendidikan Marinir Kodikmar Surabaya. Dilaksanakannya di sana karena memiliki sarana prasarana pendidikan yang memadai. Ini sudah berjalan satu bulan," ungkap Yudo di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu 8 Juni 2022.

Yudo memaparkan, selepas pendidikan dan pelatihan Komcad rampung terlaksana, dirinya akan segera melaporkan hal tersebut ke Kementerian Pertahanan (Kemhan). Hal itu bertujuan agar para peserta Komcad dapat segera dilantik.

Baca juga: Latsarmil Komcad Matra Udara Diikuti 500 Orang, Prabowo: Memadukan Kekuatan Pertahanan Militer dan Nonmiliter!

"Dari kita diberi jatah 500 orang, waktunya 3 bulan. Nanti dua bulan lagi akan kita laporkan kepada Kemhan untuk dilaksanakan pelantikan seperti yang lalu," ujarnya.

Sebagai informasi, Kemhan akan membentuk 5 Batalion dari program Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022. Nantinya, matra darat akan memiliki 3 Batalion, dan matra laut dan udara masing-masing 1 Batalion.

Baca juga: KSAL Bakal Rekrut Anggota Komcad Jadi Pengawak Kapal Perang

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Adapun satu Batalion berjumlah 500 orang. Untuk matra darat 3 Batalion, masing-masing 500 orang di Kodam II/Swj, Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XIV/Hasanuddin.

Kemudian 500 orang matra laut di Kodikmar Surabaya, serta 500 orang matra udara di Pusdiklat Pasgat, Bandung.

Pembentukan Komcad merupakan persiapan dini pembangunan sistem pertahanan negara. Mereka dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama (TNI).

Baca juga: Kemhan Bentuk 5 Batalion Komcad, Ini Rinciannya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini