Share

Peristiwa 9 Juni: Albert Einstein Publikasikan Teori Fisika Kuantum

Tim Okezone, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 337 2608220 peristiwa-9-juni-albert-einstein-publikasikan-teori-fisika-kuantum-J2HawPThTd.jpg Albert Einstein (Foto: Dcnews)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa bersejarah terjadi pada 9 Juni. Beberapa peristiwa di antaranya Kaisar Romawi Nero Claudius Caesar Germanicus bunuh diri, lahirnya Rini Soemarno, hingga Albert Einstein mempublikasikan teori Fisika Kuantum.

Berikut ulasan singkat sejumlah peristiwa mendunia yang diringkas Okezone:

1. Kaisar Romawi Nero Bunuh Diri Usai Mengalami Kudeta

Nero Claudius Caesar Augustus Germanicus atau yang karib disebut Nero Claudius Caesar Germanicus, adalah kaisar Romawi kelima dan terakhir dari dinasti Julio-Claudian. Nero diadopsi oleh pamannya, Claudius untuk menjadi penerus tahtanya. Ia naik tahta pada tanggal 13 Oktober 54 karena kematian Claudius.

Nero berkuasa dari tahun 54 sampai tahun 68, yang fokus lebih besar dengan diplomasi, perdagangan, dan meningkatkan budaya ibu kota kekaisaran. Ia memerintahkan pembangunan teater dan permainan atletik.

Kekuasaannya juga berhasil memenangkan perang dan berdamai dengan kekaisaran Parthian (58–63) dan menambah tali hubungan diplomasi dengan Yunani. Pada tahun 68, kudeta militer menurunkan Nero. Ia akan menghadapi eksekusi, dan ia dilaporkan bunuh diri.

Baca juga: Peristiwa 21 Maret: Wafatnya Umar Wirahadikusumah

Kekuasaan Nero sering berhubungan dengan tirani dan kekejaman. Ia telah melakukan beberapa eksekusi, termasuk ibunya dan saudara kandung adopsinya, dan juga kaisar yang "membakar Roma" dan pembunuh Kekristenan awal. Penglihatan ini dilihat berdasarkan referensi dari Tacitus, Suetonius dan Cassius Dio.

Baca juga: 3 Ulah Penumpang Bikin Pesawat Gagal Terbang, Ada yang Bawa Granat

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

2. Albert Einstein Publikasikan Teori Fisika Kuantum

Albert Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Ia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi.

Einstein dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotolistrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Einstein menjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapaian yang tidak biasa bagi seorang ilmuwan. Pada masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan genius.

Baca juga: Sosok Gayatri Muda yang Memilih Belajar Pengetahuan Ketimbang Memikat Pria

Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. Albert Einstein, Tokoh Abad Ini (Person of the Century) Pada tahun 1999, Einstein dinamakan "Tokoh Abad Ini" oleh majalah Time.

Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai einstein, sebuah unsur kimia dinamai einsteinium, dan sebuah asteroid dinamai 2001 Einstein. Rumus Einstein yang paling terkenal adalah E=mc².

3. Pemiu 1992 Orde Baru Kembali Dimenangkan Golkar

Pemilihan Umum Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah 1992 diselenggarakan secara serentak pada tanggal 9 Juni 1992, untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Tingkat I Provinsi maupun DPRD Tingkat II Kabupaten/Kotamadya) se-Indonesia periode 1992-1997.

Pemilihan Umum ini diikuti 2 partai politik dan 1 Golongan Karya, yaitu:

- Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

- Golongan Karya (Golkar)

- Partai Demokrasi Indonesia (PDI)

Sebagai pemenang mayoritas hasil pemilihan umum ini adalah Golongan Karya.

4. Lahirnya Rini Soemarno

Rini Mariani Soemarno atau biasa dikenal Rini Soemarno (lahir di Maryland, Amerika Serikat, 9 Juni 1958; umur 60 tahun). Ia adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019 oleh Presiden Jokowi sejak 26 Oktober 2014.

Sarjana Ekonomi lulusan 1981 dari Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat ini termasuk salah seorang menteri yang diangkat dari kalangan profesional. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Gotong Royong tahun 2001 hingga tahun 2004.

5. Maulid Nabi Muhammad Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional

Maulid Nabi Muhammad atau yang dimaknai sebagai peringatan (tradisional) hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Biasanya, banyak masyarakat merayakan Maulid Nabi Muhammad dengan berbagai caranya masing-masing.

Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai hari libur nasional yang pertama kalinya pada, 9 Juni 1968. Jika dalam kalender Islam, Indonesia selalu memperingati Maulid Nabi Muhammad setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalam Hijriyah.

Baca juga: Peristiwa 19 Januari: Pengusaha Bob Sadino Meninggal Dunia

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini