Share

Segera Disidang, Hakim Itong Isnaeni Dimasukkan ke Sel Isolasi

Lukman Hakim, Koran SI · Selasa 07 Juni 2022 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 337 2607383 segera-disidang-hakim-itong-isnaeni-dimasukkan-ke-sel-isolasi-5bAGPJF3HD.jpg Hakim Itong Isnaeni (Foto : MPI/Istimewa)

SURABAYA – Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya nonaktif, Itong Isnaeni Hidayat mulai ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Surabaya. Rutan yang berada di Medaeng Sidoarjo itu menerima pelimpahan Itong pada Selasa (7/6/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Itong diantarkan oleh Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yosi A. Herlambang dan tim pengantar tahanan. Setelah proses registrasi, langsung dimasukkan ke sel isolasi. “Sesuai SOP penerimaan tahanan di masa pandemi, yang bersangkutan (Itong) harus masuk sel isolasi terlebih dahulu. Tidak ada perlakuan khusus,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji.

Sel isolasi yang dimaksud adalah sel isolasi khusus pengendalian Covid-19. Seperti tahanan lain, Itong akan diisolasi selama 7-14 hari. "Semua warga binaan harus diperlakukan sama, tanpa diskriminasi," ujar Zaeroji.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas I Surabaya, Wahyu Hendrajati mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan KPK terkait kesehatan Itong. Sehingga, ketika ada masalah kesehatan di kemudian hari, pihaknya bisa melakukan tindakan yang diperlukan. “Dokter rutan sudah komunikasi dengan KPK, agar pelayanan kesehatan yang kami berikan bisa sesuai kebutuhan yang bersangkutan,” terangnya.

Sebelumnya, Jaksa KPK telah merampungkan berkas dakwaan kasus suap yang telah menjerat Itong. Perkara suap tersebut akan segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya. Selain Itong dua terdakwa lainnya yakni, Hendro Kasiono, kuasa dari PT Soyu Giri Primedika (SGP) dan Panitera Pengganti PN Surabaya, Hamdan.

Ketiganya diduga bersekongkol untuk memenangkan PT SGP dalam mengurus perkara di PN Surabaya. Mereka terjaring operasi tangkap tangan KPK di Surabaya pada Rabu 19 Januari 2022.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini