Share

Menteri Tito Sampaikan 5 Pesan Jokowi untuk Pj Kepala Daerah

Kiswondari, Sindonews · Selasa 07 Juni 2022 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 337 2607364 menteri-tito-sampaikan-5-pesan-jokowi-untuk-pj-kepala-daerah-saHPoi1oMJ.jpg Mendagri Tito Karnavian (Foto : MPI/Kiswondari)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkap pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada penjabat (Pj) kepala daerah yang baru dilantik. Pesan ini disampaikan Jokowi kepada Tito di Istana Kepresidenan.

“Paling penting yang saya ingin sampaikan, jam 10 di istana, Bapak Presiden memberikan arahan kepada seluruh penjabat yang dilantik 48 orang. Gubernur, bupati, wali kota. Dari beberapa poin yang disampaikan beliau, saya ingat betul 5 poin, poin terakhir adalah Pemilu dan Pilkada 2024,” kata Tito di sela-sela rapat kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Menurut Tito, Jokowi memerintahkan kepada seluruh Pj kepala daerah yang ditugaskan di situ untuk mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024. Jokowi pun tidak ingin mendengar adanya masalah bahwa anggaran untuk Pemilu dan Pilkada tidak tersedia.

“Itu kan kalau di Istana kan dibayar oleh APBD, jangan sampai nanti tidak tersedia, maka harus diprogramkan betul dalam APBD,” ujarnya.

Kemudian, Tito melanjutkan, pesan selanjutnya mengenai dukungan-dukungan seperti sarana prasarana, btermasuk juga soal distribusi logistik. Sebagaimana hal yang dibahas pada audiensi Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, Jokowi menegaskan bahwa TNI, Polri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan pemerintah daerah (pemda) akan mendukung distribusi logistik.

“Ketika masa kampanye pendek problemnya dua, yaitu pengadaan logistik dan distribusinya yang harus tepat sampai sebelum hari pelaksanaan 14 Februari,” ungkap Tito.

Lalu soal regulasi, Tito mengungkapkan bahwa Presiden akan menyiapkan jika memang diminta. Bahkan, Jokowi meminta kepada KPU untuk buat draf lalu pemerintah akan mengkaji draf tersebut. Presiden juga siap memfasilitasi termasuk menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) untuk lelang, karena Jokowi pun menganjurkan untuk menggunakan e-katalog.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

“Beliau meminta sebanyak mungkin dari anggaran logistik menggunakan produk dalam negeri, banyak saya kira kertas pena, kan produksi dalam negeri banyak sekali, jangan impor-impor terus, sehingga uang beredar di Indonesia,” imbuhnya.

Selain regulasi, mantan Kapolri ini menambahkan, Jokowi juga meminta agar para kepala daerah membantu sarana prasarana yang dapat mendukung kelancaran logistic termasuk juga distribusinya.

“Termasuk mengembangkan umkm, memproduksi barang-barang logistik pilkada. Saya kira komitmen bapak Presiden sangat mendukung Pemilu 2024,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini