Share

Dampak Hujan Lebat, 18 Provinsi Ini Waspada Bencana Hidrometeorologi

Binti Mufarida, Sindonews · Minggu 05 Juni 2022 05:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 337 2605756 dampak-hujan-lebat-18-provinsi-ini-waspada-bencana-hidrometeorologi-YjzfPU9PIZ.jpg Ilustrasi hujan (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan 18 provinsi masuk kategori waspada bencana hidrometeorologi yakni banjir hingga banjir bandang dampak dari potensi hujan lebat. Ini berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Indonesia periode 5 sampai 6 Juni 2022.

BMKG juga mengungkapkan saat ini sirkulasi siklonik terpantau di Laut Banda, Papua bagian Selatan yang membentuk daerah kontroversi memanjang dari Papua hingga Papua Barat. Kemudian, terpantau daerah konvergensi lainnya juga memanjang dari Bengkulu hingga Aceh, di Lampung bagian Barat, di Jawa Tengah bagian Selatan, di Kalimantan Barat bagian utara dan selatan, di Kalimantan Selatan.

Di Sulawesi bagian tengah, dan di laut arafura serta di daerah pertemuan angin atau konfluensi di Selat Makassar bagian Selatan, di Kalimantan bagian selatan pulau Jawa. โ€œKondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan juga di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut,โ€ kata BMKG.

Berikut 18 provinsi yang masuk kategori waspada terhadap bencana hidrometeorologi (genangan, banjir, banjir bandang, dll) dampak dari potensi hujan lebat:

1. Aceh

2. Jawa Barat

3. Jawa Tengah

4. DI Yogyakarta

5. Jawa Timur

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

6. Bali

7. Nusa Tenggara Barat

8. Nusa Tenggara Timur

9. Kalimantan Barat

10. Kalimantan Tengah

11. Kalimantan Selatan

12. Kalimantan Timur

13. Sulawesi Tengah

14. Sulawesi Selatan

15. Sulawesi Tenggara

16. Sulawesi Barat

17. Maluku

18. Papua

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini