Share

7 Hari Pencarian Eril oleh Ridwan Kamil dan Atalia yang Sarat Makna

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 03 Juni 2022 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 337 2605126 7-hari-pencarian-eril-oleh-ridwan-kamil-dan-atalia-yang-sarat-makna-aUNc9QtJvR.jpg Foto: Instagram Atalia Praratya

JAKARTA - Tujuh hari sudah Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Istri Atalia mencari sang buah hati Emmeril Kahn Mumtadz. Eril demikian sang buah hati biasa disapa, hanyut saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss.

Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil membenarkan bahwa anak kakaknya yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril tersebut mengalami musibah di Bern, pada 26 Mei 2022 siang waktu Swiss.

Tidak hanya keluarga, tetapi semua pihak ikut medoakan dan mendukung pencarian pria 23 tahun itu.

Pada saat berita ini diturunkan, Ridwan Kamil dan keluarga dalam perjalanan dari Kota Bern, Swiss, menuju Bandung, Jawa Barat. Status Eril yang semula sebagai 'orang hilang' pun telah berganti menjadi 'orang yang tenggelam' oleh pemerintah setempat.

Pihak keluarga menjelaskan, di penghujung akhir hayatnya, Eril juga tengah berjuang untuk menuntut ilmu. Selain itu, sebelum wafat, Eril pun melakukan aktivitas olahraga, yang juga sesuai hadits Nabi Muhammad SAW.

Ridwan Kamil

"Perjalanan Eril sebagai pemuda muslim safar, dia pergi ke negeri yang jauh dalam perjuangan menuntut ilmu dan aktivitas terakhirnya adalah olahraga, sesuai dalam hadits nabi, yakni berenang. Lalu, Eril menunjukan tanggung jawabnya saat berenang dengan memastikan yang ikut dalam aktivitas itu aman," tutur Erwin, Jumat (2/6/2022).

"Sehingga, dari keseluruhan itu, kami sekeluarga berprasangka baik, insya Allah Eril wafat dalam keadaan khusnul khatimah," lanjut dia.

Selain itu, pihak keluarga juga telah melakukan konsultasi dengan para ulama dan MUI mengenai status secara syariat dari Eril.

"Jadi orang tenggelam dalam keadaan tertentu sehingga dinyatakan sebagai syahid akhirat," tambah dia.

Kendati Ridwan Kamil sudah kembali ke Bandung, namun pencarian akan tetap dilakukan.

Berikut Ini Rangkuman Rangkaian Perjalanan Hari Demi Hari Pencarian Eril yang Sarat

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Hari Pertama, Kamis 26 Mei 2022

Kabar Eril hilang di sungai Aare beredar luas. Eril hanyut saat berenang dengan adik Camillia Laetitia Azzahra atau Zara.

Di hari itu, Ridwan Kamil menjalankan agenda lawatannya di sebuah kampus di Inggris. Kala itu Ridwan Kamil pun sudah diberitahu mengenai musibah yang menimpa sang anak.

Sementara itu, KBRI telah mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5) pkl. 11.24.

Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran sebagai pilot drone.

Ridwan Kamil

 Ridwan Kamil saat masih dalam kunjungan kerja di Inggris (Foto: Instagram Fakta.Indo)

Hari Kedua, Jumat 27 Mei 2022

Juru Bicara Keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, menjelaskan kronologi kejadian di Kota Bern. Eril sedang berenang dengan adiknya Zara dan temannya. Kondisi cuaca saat itu cerah.

"Segera setelah mendapat informasi beliau (Ridwan Kamil) menyelesaikan tugasnya dan lawatan kedinasannya dan berangkat ke Swiss untuk bertemu keluarga,” kata Elpi.

Elpi mengatakan ada tiga orang yang berenang saat itu, yakni Eril, adiknya Zara, serta seorang kawannya yang tinggal di Swiss. Ibunya, Atalia Ridwan Kamil, juga ada di lokasi. Tidak ada protokol Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang menemani dengan alasan itu merupakan aktivitas pribadi. Istri dan anak-anak Ridwan kamil ke Swiss dalam rangka mencari sekolah S2 bagi Eril.

Pada hari kedua ini, tim SAR memperluas jangkauan area deteksi. Wilayah yang diperiksa pada hari kedua mencapai 17 KM area sungai Aare, yakni dari Jembatan Tiefenau hingga ke pintu air Wohlensee. Tim SAR juga menurunkan penyelam untuk memulai pencarian bawah air.

Elpi

 Paman Eril, Elpi Nazmuzaman menceritakan kronologi hilangnya Eril (Foto: Konferensi Pers/MPI)

Hari Ketiga, Sabtu 28 Mei 2022

Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil pun menuturkan kronologi peristiwa tersebut. Sebelum hilang, kata Elpi, Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras.

Pada saat kejadian, menurut Elpi, Eril sempat berteriak meminta tolong dengan berteriak "Help". Keluarga di pinggir sungai berlarian menghampiri. "Teriakan 'Help' ini terdengar warga yang berada di sana dan langsung menelpon polisi,” demikian disikahkan Elpi saat konferensi press Sabtu, 28 Mei 2022.

Menurut Elpi, Eril memiliki kemampuan berenang dan memiliki sertifikat diving. Bahkan, saat di lokasi Eril sangat bertanggung jawab untuk memberikan panduan adik dan temannya berenang bahkan sempat melarang tempat yang dianggap tidak aman.

Hari ketiga itu, Tim SAR yang dipimpin Kepolisian Maritim Bern kembali melanjutkan proses pencarian Eril. Dalam proses pencarian hari ini, tim SAR menerjunkan tim penyelam pada titik-titik yang dapat diakses di sepanjang sungai Aare.

Tim SAR pun kembali menerbangkan drone surveilance yang terbang rendah di sepanjang tepian sungai. Upaya pencarian di hari ketiga ini lebih diintensifkan di beberapa titik yang dinilai krusial di wilayah sungai Aare. Namun hingga sore hari, pencarian belum memperoleh hasil yang diharapkan.

Hari Keempat, Minggu 29 Mei 2022

Pencarian Eril kembali dilakukan. Pencarian dimulai di pagi hari pukul 09.00 waktu setempat, yang dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Maritim Bern.

Ridwan Kamil masih terus memantau pencarian sejak sesi pagi hari, Pada hari keempat ini pencarian dilakukan dengan metode boat search dengan menggunakan teropong untuk memantau situasi bawah air. Area pencarian telah mengerucut pada lokasi yang dinilai paling potensial di wilayah Marzili.

Pencarian Eril

 Pencarian Eril di Sungai Aare (Foto: Kemlu)

Pada sesi sore, fokus area pencarian adalah antara pintu air Schwellenmaetelli dan Engehalde dengan menggunakan perahu. Hingga pukul 7 malam waktu setempat, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Hari Kelima, Senin 30 Mei 2022

Pencarian di hari kelima ini terus dilakukan. Aparat kepolisian dengan mengintensifkan pencarian dengan metode jalan kaki, perahu, drone, dan selam. Pencarian dimulai di pagi hari dan mencakup area dari Eichholz hingga Wohlensee, dan berfokus di antara pintu air Schwelenmaetelli dan Engehalde.

Ridwan Kamil dan Ibunda Eril, ditemani Duta Besar Muliaman Hadad, dikunjungi oleh Wali Kota Kota Bern, Alec Van Graffenried yang menyampaikan simpati yang mendalam. Mayor Graffenried menyampaikan dukungan optimal dalam upaya pencarian Eril.

Wali Kota Bern

 Wali Kota Bern memberikan simpati ke Ridwan Kamil (Foto: Kemlu)

Pada hari itu Ridwan Kamil dan istri bertemu dengan Heinrich. Dia adalah penduduk Bern yang pada saat kejadian turut membantu adik perempuan Eril (Zara) dan temannya naik ke daratan.

Pada momen itu, Heinrich dan Ridwan Kamil sempat berpelukan. Heinrich mengungkapkan rasa duka serta menyampaikan simpati yang mendalam kepada keluarga Ridwan Kamil.

Hari Keenam, Selasa 31 Mei 2022

Kepala Kepolisian Maritim Bern menyampaikan bahwa pencarian Eril, di sungai Aare, kota Bern, terfokus pada area di antara dua pintu air, serta patroli intensif pada wilayah setelah pintu air ke-2.

Pada salah satu boat house atau rumah kapal di wilayah Wohlensee, Polisi Maritim Bern juga memastikan bahwa berbagai komunitas di sepanjang bantaran sungai Aare telah terinformasikan dengan baik, untuk memperluas keterlibatan unsur masyarakat dalam upaya pencarian, seperti Klub Pendayung, Klub Pemancing, dan komunitas berkebun.

Kondisi cuaca di kota Bern kala itu pada beberapa hari ke depan diprediksi akan hujan, dengan badai di area pegunungan. Hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi air di sungai Aare.

Hari Keenam

 Pencarian Eril di Puntu Air Sungai Aare (Foto: Kemlu) 

Selain terus memantau secara dekat pencarian oleh Polisi Maritim, Ridwan Kamil beserta ibunda Eril juga terus melakukan usaha mandiri untuk memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran sungai Aare. Rute yang ditempuh oleh Ridwan Kamil termasuk rute darat dan beberapa wilayah perairan yang masih aman untuk dijelajahi.

Pada Kamis sore, Ridwan Kamil kembali ke Jawa Barat untuk menjalankan tugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman dari Eril, Bapak Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga yang telah tiba di Bern pada hari Rabu 1 Juni 2022.

Hari Ketujuh, Rabu 1 Juni 2022

Pencarian Eril, di sungai Aare masih terus diintensifkan dengan metode patroli darat, perahu, dan drone. Fokus pencarian hari ketujuh adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu, patroli juga tetap dilakukan mulai area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

Ridwan Kamil dan Ibu Atalia, juga terus memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran sungai Aare.

Pencarian Eril Hari ketujuh

 Pencarian Eril hari ke tujuh di Sungai Aare (Foto: Kemlu) 

Di hari ketujuh ini, Ridwan Kamil mengunggah sebuah postingan permohonan doa di akun media sosial miliknya.

"Mohon doanya, pencarian ananda Eril masih terus dilakukan. Semoga Allah SWT memudahkan ikhtiar ini. Amin YRA," bunyi tulisan dalam foto yang diunggah Ridwan Kamil.

Hari Kedelapan, Kamis 2 Juni 2022

Ridwan Kamil dan keluarga kembali ke Indonesia, pada Kamis sore untuk menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat. Sebelum bertolak ke Tanah Air, sang Ibunda menuliskan sebuah postingan di media sosial amat menyentuh hati. Postingan ini mengungkapkan perasaan mendalam seorang ibu kepada anaknya. Postingan ini pun mendapat dukungan positif dari warganet, artis hingga pejabat.

"Ril... mamah pulang dulu ke Indonesia, ya," tulis Atalia dalam pembuka keterangan unggahan foto itu.

"Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah Ta’ala , dimana pun kamu berada," lanjut dia.

Dalam unggahan itu, Atalia juga menuliskan, Eriel tidak akan kelaparan dan kekurangan apapun.

"Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus," tulis dia.

"Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat," lanjut dia.

Atalia

Menurut KBRI Bern, pemantauan upaya pencarian, koordinasi dengan KBRI Bern, dan komunikasi dengan otoritas Swiss akan terus dilanjutkan oleh Paman Eril, Bapak Elpi Nazmuzaman beserta wakil keluarga. Paman Eril telah tiba di Bern pada hari Rabu (1/6/2022).

Di hari yang sama, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengajak masyarakat Indonesia menggelar shalat gaib untuk mendoakan anak sulung Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, yaitu Emmeril Khan Mumtaz atau kerap disapa Eril.

Ajakan shalat gaib ini sebagai hasil pertemuan antara Keluarga Ridwan Kamil bersama Dewan Pimpinan MUI Jabar di Kantor MUI Jabar.

ASN Kabupaten Ciamis Gelar Doa Bersama untuk Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Aaree Swiss

Ketua Umum MUI Jabar, KH Rachmat Syafe’i mengatakan, kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss menyampaikan kabar. Dimana pihak otoritas setempat telah mengubah status pencarian Eril dari missing person (orang yang hilang) menjadi drowned person (orang tenggelam).

"Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari kemungkinan sudah meninggal dunia," kata Rachmat dikutip dalam laman resmi MUI, Jumat (3/6/2022).

1
8

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini