Share

Orangtua Lengah, Ini 3 Kisah Anak Belanja Online yang Tidak Masuk Akal

Almas Taqiyya, Litbang Okezone · Jum'at 03 Juni 2022 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 337 2604332 orangtua-lengah-ini-3-kisah-anak-belanja-online-yang-tidak-masuk-akal-vz99Jv5uGc.jpg Ilustrasi belanja online (Foto: Reuters)

JAKARTA - E-commerce memang dapat menjadi pilihan pertama ketika ingin belanja. Bagaimana tidak, caranya yang mudah dan fleksibel sangat menarik perhatian pembeli untuk segera bertransaksi. Belum lagi sistem pembayaran yang beragam sehingga pembeli dapat lebih mudah untuk membayar pesanan mereka.

Namun apa jadinya ketika kemudahan berbelanja di platform jual beli online malah menimbulkan kejadian yang membuat heran? Akibat berbelanja online yang semakin mudah, ada beberapa kejadian unik di mana anak tidak sengaja membeli barang via online karena kurangnya pengawasan orang tua. Berikut sejumlah cerita unik anak belanja online tidak masuk akal karena orang tua lengah.

Baca juga:  SiCepat, JD.ID hingga Zenius PHK Karyawan, Ada Apa dengan Startup di RI?

1. COD hingga 34 Paket, Total Tagihan 3 Juta

Publik sempat dibuat heran dengan video viral di sebuah media sosial. Pasalnya di video itu diceritakan seorang anak berbelanja dengan sistem cash on delivery (COD) tanpa sepengetahuan orang tuanya. Tidak tanggung-tanggung, setidaknya ada 34 paket yang datang ke rumah orang tua anak tersebut. Saat ditaksir, kurang lebih total belanjaan tersebut adalah 3 juta rupiah.

Baca juga:  Transaksi E-Commerce Meroket 38%, Banyak Orang Belanja Online dengan THR

Video viral tersebut diunggah oleh akun TikTok @lia.adiba01. Dalam video tersebut, terlihat tumpukan paket yang belum dibuka dengan seorang pria yang diduga merupakan orang tua si anak. Melihat tumpukan paket, pria tersebut hanya terduduk dan tertawa ringan.

Akun @lia.adiba01 tersebut juga mengunggah caption berisi imbauan kepada orang tua untuk terus mengawasi anak-anaknya. Ia juga menambahkan bahwa sebisa mungkin anak tidak perlu diberi handphone atau menginstal aplikasi e-commerce.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

2. Balita Main Handphone, Tidak Sengaja Belanja Online Total 16 Juta

Balita sudah seharusnya menerima pengawasan penuh dari orang tuanya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kejadian berikut, seorang balita yang bermain ponsel tanpa pengawasan berujung dengan membeli barang di online shop dengan skema cash on delivery (COD) secara tidak sengaja. Kejadian ini diunggah oleh akun instagram @jktiinfo pada Rabu (7/7/2021).

Awalnya, balita tersebut iseng bermain HP milik orang tuanya dan tidak sengaja membuka aplikasi olshop. Ia iseng memijat-mijat banyak iklan. Rupanya, iklan yang diklik oleh sang balita langsung masuk keranjang dan diproses oleh penjual. Ibu sang balita tersebut tentu saja syok ketika beberapa kurir datang dan menagih pembelian barang. Terlebih lagi, total tagihan belanja ditaksir mencapai Rp16 juta.

Kisah ini dibagikan oleh salah satu akun TikTok hingga viral di media sosial dan sempat membuat heboh warga sekitar lantaran paket yang terus-menerus datang.

3. Belanja Online COD Susu 3 Karton

Viral seorang anak tidak sengaja membeli tiga karton susu. Kejadian tersebut diabadikan dalam video yang diunggah akun TikTok @mbambaolshop_10. Video itu memperlihatkan sejumlah ibu-ibu dan anak-anak yang berkumpul di depan sebuah rumah terlihat sedang menerima susu yang tidak sengaja dibeli oleh sang anak. Tiga karton susu tersebut dibeli sang anak menggunakan sistem cash on delivery (COD).

Saat barang datang, mau tidak mau orang tua sang anak harus membayar tagihan pesanan tersebut. Total harga tiga karton susu tersebut adalah 90.000 rupiah. Untung saja, orang tuanya tetap bertanggung jawab dan membayar tagihannya. Nampak juga wajah sang anak yang terlihat murung karena malu. Sang anak yang melakukan COD juga berusaha menutupi wajahnya ketika direkam oleh pria perekam video viral tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini