Share

Megawati 'Sentil' Akademisi yang Tak Berani Bicara Pancasila

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Rabu 01 Juni 2022 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 337 2603940 megawati-sentil-akademisi-yang-tak-berani-bicara-pancasila-IqWIGglTe9.jpg Megawati Soekarnoputri (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga sekaligus Ketua Dewan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menyentil para akademisi dan intelektual. Hal ini lantaran banyak kalangan tersebut tidak berani bicara Pancasila.

"Saya sendiri suka berpikir, kenapa kalangan akademisi dan intelektual tidak berani bicara soal Pancasila?" kata Megawati dalam melalui kanan Youtube Untirta Official, Rabu (1/6/2022).

Menurutnya akademisi tidak perlu takut untuk bicara Pancasila. Apalagi, Pancasila yang juga sebagai dasar negara menjadi penanda semangat bangsa.

"Apakah karena takut itu dibunyikan oleh seorang bernama Bung Karno? atau saya sendiri kan tidak bisa. Itu kan harus bisa dijadikan telaah akademisi mengapa sampai sedemikian rupa," ucapnya.

Ketakutan ini menjadi bukti bahwa Pancasila hanyalah dimaknai masyarakat Indonesia sebagai suatu simbol. Oleh karenanya, nilai pancasila menurutnya sudah mengalami reduksi dan degradasi atau kemerosotan.

"Sangat jelas sepertinya, pancasila itu dikaburkan sehingga membicarakan pancasila sepertinya kalau saya alamai itu seperti rasa takutnya ada. Aneh buat saya," ujar Megawati.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Presiden Kelima Indonesia itu kemudian meminta Joko WIdodo untuk membangkitkan semangat Pancasila kembali bagi masyarakat Indonesia. Hal ini agar tidak terjadi terus reduksi kebangsaan terutama dari nilai pancasila.

"Saya minta kepada Jokowi, bangsa ini harus diajari lagi karena sudah mengalami reduksi dan degradasi rasa kebangsaan karena akibat dari peristiwa 1965 itu," tutup dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini