Share

Deretan Koruptor yang Tak Kunjung Tertangkap, Harun Masiku Salah Satunya

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Kamis 02 Juni 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 337 2603793 deretan-koruptor-yang-tak-kunjung-tertangkap-harun-masiku-salah-satunya-SEccaAoZLM.jpeg Harun Masiku. (Foto: Dok KPU)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya mencari serta menangkap buronan yang belum diketahui keberadaannya. Para koruptor yang belum tertangkap ini terlibat sejumlah kasus dengan nilai yang fantastis.

Berikut koruptor yang belum tertangkap dengan nilai korupsi fantastis.

1. Harun Masiku

Harun Masiku adalah mantan calon legislatif asal PDIP yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Ia menjadi tersangka bersama tiga orang lainnya. Harun berhasil melarikan diri dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Kemudian pada Januari 2020, ia ditetapkan sebagai buronan KPK. Bahkan Harun telah ditetapkan sebagai burnon internasional.

Hingga saat ini, keberadaannya belum diketahui. Harun diduga menyuap Komisioner KPU Wahyu Setiawan agar KPU menetapkannya sebagai anggota DPR. Diketahui, Wahyu terbukti menerima suap Rp600 juta dari Harun Masiku.

2. Surya Darmadi

Surya Darmadi adalah pemilik PT Darmex Group atau PT Duta Palma. Surya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau pada 2014. Selain Surya, Legal Manager PT Duta Palma Group Suheri Terta juga ditetapkan sebagai tersangka. Pada Agustus 2019, Surya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Hingga saat ini, belum diketahui keberadaan Surya. Surya diduga memberi uang dalam bentuk dolar Singapura setara Rp3 miliar dari yang dijanjikan seluruhnya Rp8 miliar kepada mantan Gubernur Riau Annas Maamun melalui Gulat Medali Emas Manurung.

3. Izil Azhar

Izil Azhar merupakan tersangka kasus dugaan gratifikasi terkait pembangunan proyek Dermaga Sabang bersama mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Dalam perkaranya, Izil dan Irwandi diduga telah menerima Rp32,4 miliar. Pada Desember 2018, ia resmi masuk ke dalam DPO. Hingga kini belum diketahui keberadaan Izil Azhar. Izil diduga sebagai orang kepercayaan Irwandi Yusuf. Izil dan Irwandi diduga telah menerima gratifikasi sejak 2007-2012.

Diolah dari berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini