Share

4 Tokoh Utama Lahirnya Pancasila, Sosok Terakhir Berprofesi Dokter Kandungan

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Kamis 02 Juni 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 337 2603791 4-tokoh-utama-lahirnya-pancasila-sosok-terakhir-berprofesi-dokter-kandungan-m0bacaUSk7.jpeg Radjiman Wedyodiningrat. (Foto: Dok Ist)

PANCASILA pertama kali dirumuskan saat sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Indonesia) yang digelar pada 1 Juni 1945. Kala itu, Pancasila tercetus dari Bung Karno dan menjadi dasar negara Indonesia sejak itu.

Berikut adalah tokoh-tokoh penting yang terlibat dalam lahirnya Pancasila.

1. Soekarno

Soekarno menyampaikan pidatonya pada 1 Juni 1945 dan mengemukakan 5 prinsip dasar negara yang dinamakan Pancasila. Rumusan yang ditawarkan Bung Karno itu kemudian diolah oleh Panitia Delapan bentukan BPUPKI. Setelahnya, dibentuklah Panitia Sembilan yang menyempurnakan rumusan Pancasila milik Soekarno.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Pancasila sebagai Mietsaqon Gholidza, Ini Penjelasannya

Sang Proklamator tentunya memiliki peranan yang sangat besar dalam merumuskan dasar negara ini. Soekarno berhasil mengonseptualisasikan dasar negara itu ke dalam pengertian dasar falsafah atau pandangan komprehensif dunia secara koheren.

2. Mohammad Hatta

Dalam buku bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan karya Syaepudin, disebutkan bahwa Mohammad Hatta berposisi sebagai anggota BPUPKI dan Ketua Panitia Perancang Keuangan dan Perekonomian. Hatta juga masuk dalam anggota Penyelidik Usul-Usul atau Perumus Dasar Negara. Panitia ini dikenal dengan sebutan Panitia Sembilan, yang memberikan usulan terkait wilayah Indonesia.

Hatta adalah sosok yang merubah sila pertama di Piagam Jakarta, yang awalnya berbunyi ‘Ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya’ menjadi ‘Ketuhanan yang Maha Esa’ seperti yang kita kenal saat ini. Kalimat tersebut dianggap tidak mengikat mereka yang beragama di luar Islam. Pasalnya, Pancasila sendiri dilahirkan dengan dasar semangat persatuan dan ketuhanan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

3. Mohammad Yamin

Mohammad Yamin juga menjadi salah satu tokoh penting yang terlibat dalam lahirnya Pancasila. Ia merupakan anggota BPUPKI dan Panitia Sembilan yang bertugas untuk menyempurnakan rumusan awal Pancasila. Berbagai sumber menyebut, Yamin merupakan orang pertama yang menyatakan dasar-dasar tentang Pancasila secara lisan dalam sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945.

Adapun rumusan yang dikatakan Yamin adalah Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Kemudian, muncul kontroversi terkait siapa yang terlebih dahulu mengutarakan konsep dasar. Sebab, diketahui bahwa Soekarno juga mengutarakan konsep serupa. Meskipun akhirnya, orang yang diakui sebagai perumus awal Pancasila adalah Soekarno.

4. Radjiman Wedyodiningrat

Radjiman merupakan seorang dokter kandungan yang turut berpartisipasi dalam pembentukan Pancasila. Melansir laman Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPNI), Radjiman lebih dikenal sebagai Ketua BPUPKI yang telah lama berjuang bersama organisasi Budi Utomo.

Saat sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945, Radjiman mengajukan sebuah pertanyaan tajam berbunyi, “Apa dasar negara Indonesia jika kelak merdeka?” Pertanyaan itu langsung dijawab oleh Soekarno dengan nama Pancasila. Di masa-masa awal kemerdekaan, Radjiman menjadi anggota KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat). Setelahnya, ia didapuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung RI.

Diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini