Share

Jokowi Sebut Kehangatan Warga Ende Jadi Inspirasi Soekarno Lahirkan Pancasila

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 01 Juni 2022 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 337 2603600 jokowi-sebut-kehangatan-warga-ende-jadi-inspirasi-soekarno-lahirkan-pancasila-bpIU01e1Dr.jpg Jokowi bertemu masyarakat Ende. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Tenun Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada hari ini Rabu 1 Juni 2022. Kunjungan itu dilakukan usai bertindak selaku inspektur upacara dan memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

Sebelum mengunjungi Rumah Tenun Ende, Presiden Jokowi menyempatkan datang ke Taman Renungan Bung Karno.

Setelah mengunjungi kedua tempat tersebut, Presiden Jokowi pun menyapa masyarakat yang sedari pagi hadir ikut serta dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Presiden Jokowi pun berterima kasih karena telah mendapatkan sambutan hangat sejak tiba di Ende kemarin hingga pada upacara yang berlangsung hari ini.

Baca juga:  Pimpin Upacara, Jokowi Sebut Pancasila Bintang Penuntun Bangsa Indonesia

"Pertama-tama saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khususnya masyarakat Ende yang telah menerima saya, Bu Iriana dan seluruh rombongan sejak awal datang sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan," ujar Jokowi yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/6/2022).

Menurut Jokowi, Soekarno kala itu pun mendapatkan ilham mengenai Pancasila karena kehangatan yang diberikan oleh masyarakat Ende.

"Inilah yang menurut saya mengapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende. Karena saya merasa Beliau berada dalam sebuah kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," jelasnya.

"Sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Ende, terima kasih," tambahnya.

Presiden pun diagendakan mengunjungi Serambi Bung Karno di Gereja Katedral Kristus Raja. Presiden kemudian akan menuju Pasar Mbongawani untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi masyarakat penerima manfaat dan para pedagang pasar maupun kaki lima.  

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Selepas penyerahan bansos, Presiden akan menuju Bandara Haji Hasan Aroeboesman Ende untuk kemudian lepas landas menuju Kabupaten Ngada, Provinsi NTT.

Setibanya di Bandar Udara Soa Bajawa, Kabupaten Ngada, Presiden akan langsung menuju Pasar Bobou untuk menyerahkan bantuan sosial. Di Kabupaten Ngada, Presiden juga diagendakan untuk meninjau Kampus Bambu Turetogo.

Pada sore harinya, Presiden akan menuju Bandara Soa Bajawa untuk kemudian lepas landas kembali ke Kabupaten Ende. Presiden akan bermalam dan melanjutkan kegiatan kunjungan kerja esok hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini